Selasa 22 Aug 2023 04:35 WIB

Kebakaran di TPA Sarimukti, Satu Backhoe Ikut Terbakar

Kebakaran gunungan sampah di TPA Sarimukti terjadi sejak Sabtu (19/8/2023).

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
Kebakaran gunungan sampah di zona empat TPA Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.
Foto: Istimewa
Kebakaran gunungan sampah di zona empat TPA Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Api membakar gunungan sampah di zona empat Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Kebakaran di area TPA itu dilaporkan terjadi sejak Sabtu (19/8/2023) dan hingga Senin (21/8/2023) malam masih ada titik api.

Koordinator Pengelola TPA Sarimukti, Riswanto, menjelaskan kebakaran di area gunungan sampah zona empat itu awalnya dilaporkan terjadi pada Sabtu lalu, sekitar pukul 23.00 WIB. “Awalnya sampah terbakar, terus merembet,” kata dia, saat dihubungi, Senin (21/8/2023).

Baca Juga

Selain sampah, api juga membakar backhoe. Riswanto menjelaskan, alat berat tersebut sempat digunakan untuk membuat parit dalam upaya membantu pemadaman api.

Namun, alat berat itu malah ikut terbakar. Operator alat berat itu dikabarkan bisa menyelamatkan diri. “Ada satu backhoe terbakar,” ujar dia.

Hingga Senin, api masih membakar gunung sampah di zona empat TPA Sarimukti. Petugas pemadam kebakaran (damkar) disiagakan agar api tidak terus merembet.

Meskipun terjadi kebakaran di zona empat, Riswanto mengatakan, pelayanan pembuangan sampah masih tetap berjalan.

Ia berharap tidak terjadi antrean kendaraan pengangkut sampah akibat kejadian kebakaran itu. “Mudah-mudahan enggak ada (penumpukan kendaraan),” katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement