Sabtu 02 Sep 2023 17:30 WIB

Soal Demokrat, Anies: Kita Hargai, di Sini Bukan Soal Bagi-Bagi

KPP bergerak berlandaskan pada nilai-nilai ketulusan. 

Anies Baswedan didampingi Cak Imin beri komentar usai deklarasi Capres-Cawapres di Hotel Majapahit Surabaya, Sabtu (2/9/2023).
Foto: Republika/Alfian Choir
Anies Baswedan didampingi Cak Imin beri komentar usai deklarasi Capres-Cawapres di Hotel Majapahit Surabaya, Sabtu (2/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden (capres) Anies Baswedan menyampaikan, bahwa pihaknya menghargai keputusan partai yang memilih hengkang dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Hal itu buntut dari terpilihnya Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai cawapresnya pada Pilpres 2024 mendatang.

Partai yang cabut dari KPP tidak lain adalah Partai Demokrat yang diketuai oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). AHY sendiri -menurut informasi dari Partai Demokrat- sempat ‘dipersunting’ oleh Anies. Namun, ternyata di tengah jalan justru berpaling dan lebih memilih Cak Imin dengan deklarasi secara resmi di Hotel Yamato, Surabaya, Jawa Timur pada Sabtu (2/9/2023).

Baca Juga

Dalam momen deklarasi Anies-Cak Imin ‘Amin’, Anies dalam pidatonya sedikit menyinggung ihwal keluarnya pihak tertentu dari koalisi. Namun, dia tidak gamblang menyebut pihak tersebut.

“Kita hargai yang memutuskan untuk tidak berada dalam koalisi perubahan. Kita hormati, sambil kita mengatakan bahwa kita bergerak di sini bukan soal bagi-bagi, kita bergerak di sini tengang bagaimana Indonesia lebih baik,” ujar Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut menyatakan, sesungguhnya KPP bergerak berlandaskan pada nilai-nilai ketulusan. Hal itu, kata dia, sejalan dengan pesan dari Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh yang kerap kali menggaungkan nilai ketulusan dan keikhlasan.

“Kita bergerak di sini dengan niat tulis, dan ini yang selalu disampaikan bang Surya yaitu kata ikhlas dan tulus. Ini adalah pesan bahwa kita berada di tempat dimana perjuangan itu dilakukan dan jadi legenda,” kata dia.

Lebih lanjut, Anies mengatakan, momen deklarasi dirinya dan Cak Imin sebagai capres-cawapres di Hotel Yamato, Surabaya, Jawa Timur adalah sebuah sejarah baru bagi Indonesia. Dia optimistis, bersama dengan Cak Imin dalam kekuatan koalisinya, akan mencapai puncak keberhasilan dengan menjadi RI 1 dan RI 2 periode 2024-2029. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement