Ahad 03 Sep 2023 14:35 WIB

Damkar Garut Siaga Tangani Kebakaran di TPA Pasir Bajing

Kebakaran kembali terjadi di area TPA Pasir Bajing.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Petugas melakukan pemadaman api yang membakar sampah di area TPA Pasir Bajing, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Sabtu (2/9/2023).
Foto: Dok. Damkar Kabupaten Garut.
Petugas melakukan pemadaman api yang membakar sampah di area TPA Pasir Bajing, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Sabtu (2/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pasir Bajing di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, dilaporkan kembali dilanda kebakaran. Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Garut siaga melakukan penanganan, sehingga api bisa dicegah merembet ke area lainnya.

Kebakaran kembali terjadi di area TPA Pasir Bajing pada Sabtu (2/9/2023) petang. Kepala Dinas Damkar Kabupaten Garut Eded Komara Nugraha menjelaskan, setelah menerima informasi kebakaran itu, satu unit kendaraan pemadam dengan 5.000 liter air dan empat petugas dikerahkan ke TPA Pasir Bajing.

Baca Juga

Api bisa lekas ditangani. “Kita juga siap-siap di sini. Apabila dari sana perlu bantuan lagi, kita sudah siapkan satu mobil lagi mobil water supply,” kata Eded.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Garut Jujun Juansyah mengatakan, kebakaran di TPA Pasir Bajing diketahui terjadi pada Sabtu sekitar pukul 17.30 WIB. Usai menerima laporan kejadian kebakaran itu, DLH langsung berkoordinasi dengan Dinas Damkar Kabupaten Garut untuk melakukan pemadaman.

 

“Berkat kerja sama antara petugas Dinas Damkar, Forkopimcam (Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan), dan dukungan kendaraan dari proyek di lokasi, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 19.30 WIB, sehingga tidak merambah ke lokasi lainnya,” kata Jujun, Sabtu.

Kebakaran sempat melanda area TPA Pasir Bajing pada Juli 2023. Kala itu, api baru benar-benar bisa dipadamkan setelah beberapa pekan. Asap dari kebakaran di TPA tersebut berdampak terhadap warga sekitar. 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement