Rabu 30 Aug 2023 22:16 WIB

Kebakaran Lahan Terjadi di Gunung Batu Kabupaten Bandung

Luas area yang terdampak kebakaran diperkirakan 2.000 meter persegi.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
Kebakaran lahan terjadi di kawasan Gunung Batu wilayah Desa Wargaluyu, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, Rabu (30/8/2023) malam.
Foto: Dok Republika
Kebakaran lahan terjadi di kawasan Gunung Batu wilayah Desa Wargaluyu, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, Rabu (30/8/2023) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Kebakaran lahan dilaporkan terjadi di kawasan Gunung Batu wilayah Desa Wargaluyu, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (30/8/2023) malam. Sejumlah kendaraan pemadam kebakaran dikerahkan untuk melakukan penanganan.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung Hilman Kadar mengatakan, petugas menerima laporan kejadian kebakaran lahan di kawasan Gunung Batu itu sekitar pukul 18.44 WIB. “Sudah hampir tiga jam proses pemadaman,” kata Hilman, saat dikonfirmasi, Rabu (30/8/2023).

Baca Juga

Menurut Hilman, empat unit kendaraan pemadam kebakaran dengan 16 petugas diterjunkan untuk melakukan penanganan. Ia mengatakan, titik api berasal dari sebelah timur lahan kawasan Gunung Batu, kemudian merembet ke arah barat.

Kebakaran di area timur disebut sudah bisa dipadamkan. Petugas fokus pemadaman di area barat. Petugas memanfaatkan air dari kolam milik warga untuk memadamkan api. “Anggota masih fokus pemadaman di lapangan,” kata dia.

Hilman mengatakan, luas area lahan yang terdampak kebakaran diperkirakan sekitar 2.000 meter persegi. Ihwal pemicu kebakaran, kata dia, informasi sementara ini diduga dari aktivitas pembakaran sampah.

“Penyebab awal, berdasarkan informasi dari masyarakat, adanya pembakaran sampah majun oleh salah seorang masyarakat yang tidak dikenal,” kata Hilman.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement