Rabu 06 Sep 2023 12:36 WIB

Ibu di Agam Disekap di dalam Mobil dan Dirampok, Uang dan Emas Raib

Korban saat itu menunggu angkot lalu dihampiri mobil Avanza hitam.

Rep: Febrian Fachri / Red: Agus Yulianto
Perampokan di mobil (ilustrasi).
Foto: Republika/Mardiah
Perampokan di mobil (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BUKITTINGGI -- Seorang ibu di Kabupaten Agam menjadi korban perampok bersenjata. Ia disekap di dalam mobil lalu ditodong dengan pisau dan senjata api. Perampok pun berhail menggasak emas dan uang milik ibu yang diketahui bernama Helmis Indrawati (48 tahun) tersebut. 

Kejadian itu terekam video yang kemudian viral di sosial media. Peristiwa ini diketahui terjadi di Simpang Baringin, Nagari Ampang Gadang, Kabupaten Agam, Sumatra Barat (Sumbar). 

Dari video yang beredar di media sosial, Helmis terlihat panik. Barang-barang belanjaannya tampak berserakan di pinggir jalan. Ibu ini kemudian dihampiri oleh sejumlah warga sekitar. Perekam video terdengar beristigfar dan sangat kaget dengan peristiwa perampokan tersebut.

 “Astaghfirullah, siapa yang kena rampok. Ya Allah, astaghfirullah,” ujar si perekam sembari berlari panik ke lokasi korban.

 “Bagaimana ciri-cirinya, Kak? Minum kita di warung dulu,” kata si perekam kepada korban. 

Korban mengungkapkan, kendaraan pelaku adalah Avanza hitam. Terlihat seorang pengendara sepeda motor mencoba melakukan pengejaran. Pada akhir video yang viral, ketika korban diturunkan dari mobil Avanza hitam itu sempat terekam CCTV. Pengemudi Avanza terekam turun dari mobil sembari membawa parang dan mengganti nomor polisi kendaraan yang terpasang di bagian belakang. 

Di sisi kiri, ibu yang menjadi korban perampokan diturunkan lalu berlari. Avanza hitam langsung tancap gas. 

Kapolsek Ampek Angkek Canduang, AKP Saherman, mengatakan, aksi penyekapan dan perampokan yang videonya beredar di media sosial terjadi pada Sabtu (2/9/2023) sekitar pukul 13.00 WIB. 

Korban sudah membuat laporan, kasus sedang diselidiki. “Kejadian bukan tadi, tapi hari Sabtu. Korban saat itu sedang menunggu angkot,” ujar Saherman, Rabu (6/9/2023). 

Ia mengungkapkan, korban saat itu menunggu angkot lalu dihampiri mobil Avanza hitam. Sopir menyapa dan berpura-pura kenal dan menanyakan keberadaan suami korban. 

“Korban mengatakan suaminya berada di rumah. Selanjutnya pelaku menawarkan agar korban naik mobil dan sama-sama menuju rumah korban. Korban naik mobil tersebut, karena dikira teman suami korban,” kata dia. 

Saat di dalam mobil, ternyata terdapat dua orang laki-laki lainnya. Mereka duduk di bagian kursi tengah. Dalam mobil itu, korban diapit dan langsung diancam. Korban disekap dengan menggunakan jilbab yang dipakai korban. Menurut keterangan korban, kata Saherman, pelaku juga menodongkan pisau serta senjata api.

 “Pelaku menodongkan sebilah pisau dan senjata api. Ini keterangan korban, senjata api ini apakah asli atau mainan masih kami selidiki,” ujar Suherman.

Setelah itu, Suherman melanjutkan, korban diturunkan setelah dibawa sejauh lima kilometer dari titik lokasi dijemput. Sejumlah barang berharga korban diambil paksa oleh para pelaku. Pelaku mengambil tas korban dan mengambil uang yang ada di dalam tas sekitar Rp 1,5 juta serta mengambil paksa kalung korban yang dipakainya, yakni 5 emas. 

Suherman menambahkan, Avanza yang digunakan pelaku memakai nomor polisi palsu. Para pelaku sempat mengganti nomor polisi kendaraan itu saat menurunkan korban.

“Kami masih melakukan penyelidikan dalam kasus ini. Pedoman kami CCTV ini. Kami juga berkoordinasi dengan jajaran Satreskrim Polresta Bukittinggi. Semoga segera terungkap,” kata Suherman menambahkan. Ia mengimbau masyarakat berhati-hati dan waspada bila mendapatkan ajakan sesuatu dari orang tak dikenal.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement