Sabtu 23 Sep 2023 13:13 WIB

Produk Kulit Asal Garut Tampil di Ajang New York Fashion Week

Prestasi Garut Kulit di NYFW dapat menjadi awal dari perjalanan yang lebih besar.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Agus Yulianto
Produk tas berbahan kulit asal Kabupaten Garut tampil dalam kegiatan New York Fashion Week di Canoe Studios, New York, Sabtu (9/9/2023).
Foto: Dok. Garut Kulit.
Produk tas berbahan kulit asal Kabupaten Garut tampil dalam kegiatan New York Fashion Week di Canoe Studios, New York, Sabtu (9/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Jenama Garut Kulit tampil dalam ajang New York Fashion Week (NYFW) 2023 di Canoe Studios, New York, Amerika Serikat, pada Sabtu (9/9/2023). Garut Kulit menampilkan sejumlah tas berbahan kulit dengan motif komodo dalam panggung fesyen internasional tersebut. 

Founder Garut Kulit, Sumarni Rifemi, mengatakan, terdapat delapan koleksi tas kulit kreasinya yang ditampilkan dalam ajang NYFW 2023. Kedelapan tas kulit itu dihiasi dengan aksen komodo, yang merupakan salah satu satwa khas Indonesia.

"Saya memilih komodo, karena itu kan khas Indonesia banget. Gak ada lagi di negara lain yang punya komodo. Jadi ada nilainya, ada value-nya, ada pembedanya," kata dia melalui siaran pers, Jumat (22/9/2023).

Keikutsertaan Garut Kulit dalam ajang tersebut tak muncul secara tiba-tiba. Ani, sapaan akrab Sumarni Rifemi mengatakan, pihaknya telah mendapatkan undangan seleksi untuk tampil dalam ajang NYFW 2023 sejak jauh hari dari Flying Solo, departemen store di New York yang fokus mendukung indie dari seluruh dunia. 

Menurut Ani, persiapan yang dilakukan untuk tampil dalam ajang NYFW telah dilakukan sejak April 2023. Ia sengaja mempresentasikan koleksi "Komodo" untuk memperlihatkan elemen khas Indonesia. 

"Terus saya ikutan seleksi, saya daftar terus saya submit itu koleksiannya, lalu ternyata saya diterima untuk menampilkan produk di New York Fashion Week gitu," kata dia.

Ani berharap, keikutsertaan Garut Kulit dalam NYFW dapat membuat produk kulit asal Indonesia, khususnya Garut Kulit, dapat lebih dikenal baik di dalam maupun di luar negeri. Prestasi ini diharapkan juga dapat membantu meningkatkan citra produk kulit Indonesia secara global.

"Kami ingin orang-orang semakin tertarik untuk memproduksi produk-produk kulit mereka di Indonesia, yang merupakan salah satu produsen kulit terbesar di dunia," kata dia.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut mengapresiasi atas prestasi yang dicapai Garut Kulit di kancah internasional. Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi, dan Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Kabupaten Garut, Ridwan Effendi, mengatakan, tampilnya produk kita dalam NYFW dapat lebih menguatkan produk unggulan di Kabupaten Garut di kancah internasional.

Ridwan mengungkapkan, pihaknya juga terus berupaya untuk mempromosikan produk kulit ke dunia internasional. Menurut dia, produk kulit khas Garut sudah tidak hanya menjadi ikon Kabupaten Garut, namun saat ini sudah menjadi ikon Jawa Barat, bahkan Indonesia.

"Tentu dengan adanya event itu kita berharap Kulit Garut ke depan bisa lebih mendunia lagi, dan bisa memberikan dampak pada kesejahteraan masyarakat Kabupaten Garut," ujar dia.

Ridwan berharap, prestasi Garut Kulit di NYFW dapat menjadi awal dari perjalanan yang lebih besar. Prestasi itu juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi industri kulit Garut untuk terus berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian daerah serta kesejahteraan masyarakatnya.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement