Ahad 24 Sep 2023 16:02 WIB

Kebakaran Lahan di Gunung Jayanti Sukabumi Berhasil Dipadamkan, Asap Tipis Masih Terlihat

BPBD Sukabumi terus memantau guna memastikan tidak ada sisa bara api bekas kebakaran.

Kebakaran hutan (Ilustrasi)
Foto: Youtube
Kebakaran hutan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Kebakaran lahan semak ilalang dan pepohonan yang terjadi di lereng gunung Jayanti, Desa Jayanti, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, berhasil dikendalikan oleh tim gabungan Sabtu (23/9/2023). Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Wawan Godawan Saputra, mengatakan api dapat dipadamkan pada pukul 03.00 WIB.

“Alhamdulillah api sudah padam sejak pukul 03.00 dinihari,” kata Wawan dalam keterangannya di Sukabumi, Sabtu.

Ia menjelaskan, upaya pemadaman kebakaran melalui proses panjang dan menjadi tantangan tersendiri bagi tim gabungan yang terdiri dari BPBD Kabupaten Sukabumi, Damkar Sukabumi, TNI, Polri, P2BK Pelabuhanratu, Forum PRB dan relawan lainnya. Sebab, medan yang cukup terjal dan curam harus mereka tembus secara manual dalam kondisi minim cahaya demi menjinakkan api.

Pantauan Sabtu pagi oleh Kepala Pelaksana BPBD Sukabumi bersama unsur terkait, asap tipis berwarna putih masih terlihat di sekitar lokasi kebakaran. Asap itu diduga berasal dari ranting atau batang pohon bekas kebakaran.

“Sekarang sedang dilakukan pemantauan oleh tim di lokasi karena ada terlihat dua titik asap mengepul,” jelas Wawan.

Demi mencegah terjadinya karhutla, pihak BPBD Kabupaten Sukabumi telah berkoordinasi dengan pihak terkait. Penanganan secara manual sedang diupayakan demi memastikan bahwa api benar-benar dapat dipadamkan dan tidak menyisakan bara api.

“Saat ini sedang dilakukan penanganan manual oleh tim polhut,” kata Wawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement