Rabu 11 Oct 2023 21:45 WIB

Atasi Kemacetan, Pemkab Bandung Bangun Jembatan Roda Dua Rancamanyar

Pemkab Bandung mengalokasikan anggaran sekitar Rp 7,5 miliar dari APBD.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
Bupati Bandung Dadang Supriatna.
Foto: Pemkab Bandung
Bupati Bandung Dadang Supriatna.

REPUBLIKA.CO.ID, BALEENDAH — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung akhirnya menggunakan dana APBD 2023 untuk membangun jembatan roda dua di Rancamanyar, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar). Diharapkan pembangunan jembatan dapat membantu mengatasi persoalan kemacetan arus lalu lintas di sekitar kawasan tersebut.

Bupati Bandung Dadang Supriatna menjelaskan, pihaknya sudah mengomunikasikan soal pengajuan pembangunan jembatan tersebut kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS). “Namun, tidak kunjung ada jawabannya,” kata Bupati.

Baca Juga

Karena itu, Pemkab Bandung menggunakan dana APBD sendiri. Pasalnya, Bupati mengatakan, pembangunan jembatan di Rancamanyar itu dinilai mendesak. Masyarakat, kata dia, menginginkan jembatan alternatif baru yang dapat menjadi solusi atas persoalan kemacetan.

Untuk membangun jembatan roda dua Rancamanyar, Bupati mengatakan, Pemkab Bandung menyiapkan anggaran sekitar Rp 7,5 miliar. Peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan jembatan itu dilakukan pada Selasa (11/10/2023).

“Mudah-mudahan pelaksanaannya bisa cepat selesai dan kualitasnya bisa teruji, pihak pelaksana melaksanakannya sesuai timeline yang sudah disepakati,” kata Bupati.

Menurut Bupati, pihaknya juga akan mengusulkan kembali kepada Pemprov Jabar terkait pembangunan jembatan roda empat di Rancamanyar, serta pembangunan jembatan Dayeuhkolot. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement