Rabu 18 Oct 2023 04:28 WIB

Pelatihan Vokasi Gratis, BBPVP Bandung Targetkan 8.000 Peserta

BBPVP juga akan menggelar Semarak Bulan Pelatihan Vokasi dengan agenda job fair. 

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Pencari kerja.
Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah
(ILUSTRASI) Pencari kerja.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bandung Kementerian Ketenagakerjaan membuka kegiatan pelatihan vokasi gratis. Tersedia sejumlah pelatihan vokasi yang bisa diikuti masyarakat.

“Tahun ini kami menargetkan melatih vokasi peserta 8.000 orang. Tahun depan jumlahnya bertambah menjadi 10 ribu orang,” kata Kepala BBPVP Bandung, Sholahudin, Selasa (17/10/2023).

Baca Juga

Sholahudin mengatakan, pelatihan vokasi ini ditujukan khususnya bagi para pencari kerja yang ingin ingin meningkatkan keterampilan. Ada sejumlah pilihan pelatihan vokasi, yaitu teknologi informasi dan komunikasi, refrigeration, teknik manufaktur, dan otomotif.

Warga yang tertarik mengikuti pelatihan vokasi mesti memiliki akun aplikasi Siap Kerja dan langsung mendatangi kantor BBPVP di Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung. Sholahudin mengatakan, pelatihan vokasi ini gratis. BBPVP Bandung menanggung biaya akomodasi, menginap, pelatihan, dan sebagainya.

Menurut Sholahudin, para peserta yang sudah menyelesaikan pelatihan bisa mendapatkan sertifikat Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Ia mengeklaim peserta pelatihan ini sudah banyak yang terserap dunia kerja. “Kami sudah meluluskan 2.000 peserta pelatihan banyak yang direkrut perusahaan dan wirausaha,” kata dia.

Sholahudin mengatakan, BBPVP Bandung juga akan menggelar kegiatan Semarak Bulan Pelatihan Vokasi pada 20-21 Oktober 2023. Agendanya, antara lain Ngobrol Bareng Komunitas dan bursa kerja (job fair). “Ada 20 perusahaan yang terlibat job fair dan membuka total 100 lowongan pekerjaan,” ujar dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement