Rabu 18 Oct 2023 15:56 WIB

Ikhtiar Ribuan Warga Ciamis Mohon Hujan, Sholat Istisqa Serempak di 27 Kecamatan

Bupati Ciamis juga sempat meminta warga mendoakan rakyat Palestina.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Warga melaksanakan sholat Istisqa di Alun-Alun Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (18/10/2023).
Foto: Dok Humas Pemkab Ciamis
Warga melaksanakan sholat Istisqa di Alun-Alun Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (18/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS — Ribuan warga Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, melaksanakan sholat Istisqa, Rabu (18/10/2023). Sholat untuk meminta hujan kepada Allah ini digelar serempak di 27 kecamatan.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya sebelumnya mengeluarkan surat edaran yang berisi imbauan sholat Istisqa hingga di tingkat desa atau kelurahan di Kabupaten Ciamis. Pada Rabu, Bupati mengikuti sholat Istisqa yang dilaksanakan di Alun-Alun Ciamis.

Baca Juga

Bupati mengatakan, musim kemarau panjang tahun ini berdampak terhadap masyarakat luas. Di sejumlah daerah terjadi kekeringan dan masyarakat kesulitan mendapatkan air bersih. Sementara air merupakan kebutuhan sehari-hari.

Kekeringan juga berdampak terhadap lahan pertanian, bahkan di sejumlah daerah sampai mengalami puso. Dengan sholat Istisqa yang dilakukan secara serempak ini, Bupati berharap Allah segera menurunkan hujan di Kabupaten Ciamis.

 

“Semoga apa yang kita rasakan saat ini segera berakhir. Jika ini adalah cobaan, mudah-mudahan kita bisa meminimalisasi dan mengurangi perbuatan buruk kita. Semoga Allah Subhanahu wa ta’ala mengabulkan doa kita untuk menurunkan hujan,” ujar Bupati.

 

photo
Umat Islam melaksanakan sholat Istisqa di sawah yang kering wilayah Desa Pawindan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (18/10/2023). - (Antara/Adeng Bustomi )

 

Doa untuk Palestina

Dalam kesempatan itu, Bupati juga sempat mengajak masyarakat untuk mendoakan rakyat Palestina. Ia berdoa agar rakyat Palestina diberi kekuatan dalam menghadapi serangan militer yang dilakukan Israel.

“Saya sebagai pemerintah mengajak kepada bapak ibu yang hadir untuk sama-sama mendoakan saudara-saudara kita di Palestina yang mendapat musibah peperangan. Mudah-mudahan diberikan kekuatan, kesehatan, dan dipanjangkan umurnya oleh Allah,” ujar Bupati.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement