Kamis 26 Oct 2023 04:50 WIB

Transgender Indonesia Pergi Umrah Curi Perhatian 

Dengan perubahan tubuhnya, sebagian besar orang mengira dia perempuan.  

Rep: Rossi Handayani / Red: Agus Yulianto
Petugas memercikan air kepada jamaah umrah untuk mengurangi sengatan matahari. (Ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/ASHRAF AMRA
Petugas memercikan air kepada jamaah umrah untuk mengurangi sengatan matahari. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jagat sosial dihebohkan dengan seorang transgender Indonesia, Jeje dengan nama asli Bagas Rahmatya, yang pergi berangkat umrah bersama dengan keluarga belum lama ini. Ketika pergi umrah, Bagas mengenakan pakaian laki-laki, tetapi dengan perubahan tubuhnya sebagian besar orang mengira ia perempuan. 

Pengalaman Bagas pergi umrah dibagikan melalui media sosial miliknya di TikTok @jessjsc dan Instagram @princessjessicaofficiall. Berikut ungkapan yang Bagas rasakan selama pergi umrah:

"Ujian Transwoman nekat umrah MaasyaAllah betul".

"Tapi in shaa Allah Lillahi Ta'ala ikhlas menjalani semua konsekuensi salah satunya jadi incaran askar yang pada gak percaya kalo aku pria karena wajah dan suaraku yang terlalu perempuan, dan berkali-kali ditahan askar Masjid Nabawi Madinah karna selalu dicurigai".

"Sampai ada pedagang gamis bilang 'akhir zaman di depanku".

"Pedih rasanya kaya mau nangis kejer saat itu juga".

"Sadar ini balasan ku dari Allah selama ini, minta doanya ya teman-teman semoga cepet bisa kembali ke kodrat semestinya tanpa ada pergolakan".

Dalam video yang Bagas bagikan, dia mengenakan gamis pria putih lengkap dengan sorban. Kemudian Bagas juga terlihat berlari di jalan yang ada banyak burung, dengan mengenakan gamis hitam dan sorban. 

Melalui Instagram pribadinya, Bagas menyebut mendapatkan banyak permintaan wawancara atas video viralnya yang tengah pergi umrah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement