Rabu 29 Nov 2023 19:12 WIB

Kabupaten Bandung Raih Penghargaan Tingkat Nasional Swasti Saba Wistara

Swasti Saba Wistara menjadi penghargaan ke-230 bagi Kabupaten Bandung.

Kabupaten Bandung meraih penghargaan bergengsi tingkat nasional Swasti Saba Wistara dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (RI).
Foto: Dok. Pemkab Bandung
Kabupaten Bandung meraih penghargaan bergengsi tingkat nasional Swasti Saba Wistara dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (RI).

REPUBLIKA.CO.ID, KABUPATEN BANDUNG -- Kabupaten Bandung meraih penghargaan bergengsi tingkat nasional Swasti Saba Wistara dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (RI). Penghargaan ini menjadi  penghargaan ke-230 yang diraih Dadang Supriatna selama 2,5 tahun menjabat Bupati Bandung.

Penghargaan diterima langsung oleh Bupati Bandung Dadang Supriatna, di Kempinski Hotel, Mal Indonesia, Jakarta, Selasa (28/11/2023). Penghargaan Swasti Saba Wistara ini merupakan predikat atau kategori tertinggi dalam bidang kesehatan yang diberikan pemerintah pusat kepada kabupaten/kota yang telah berhasil mencapai predikat sebagai daerah yang sehat dengan memenuhi sejumlah syarat yang ditetapkan. 

Baca Juga

Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan, pihaknya sangat bersyukur karena Kabupaten Bandung menjadi satu-satunya kabupaten/kota di Jawa Barat dan Indonesia yang meraih penghargaan paling bergengsi dalam bidang kesehatan nasional tersebut.

"Alhamdulillah Kabupaten Bandung menerima penghargaan Swasti Saba Wistara yang merupakan penghargaan level tertinggi bagi kabupaten/kota di Indonesia dalam bidang kesehatan," ujar Dadang, dalam keterangan tertulis, Rabu (29/11/2023).

 

Untuk mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wistara ini, kata Bupati, tidaklah mudah. Pasalnya, suatu kabupaten/kota harus memenuhi sejumlah syarat yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan seperti ketersediaan sarana dan prasarana kesehatan yang memadai seperti rumah sakit, puskesmas dan posyandu.

Menurutnya, banyaknya pembangunan rumah sakit seperti lima rumah sakit baru dan puskesmas yang dilakukan Pemkab Bandung juga menunjukkan keseriusan Kabupaten Bandung untuk mewujudkan daerah yang sehat. Selain itu, fasilitas kesehatan tersebut juga harus dilengkapi dengan peralatan medis yang memadai. 

"Yang paling utama, Kabupaten Bandung dinilai telah menunjukkan komitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat. Hal ini mencakup pelayanan medis, pelayanan kesehatan ibu dan anak, serta pelayanan kesehatan masyarakat," kata Dadang.

Ia mengatakan, derajat kebersihan dan sanitasi lingkungan di Kabupaten Bandung juga dinilai sangat baik oleh Kementerian Kesehatan. Hal ini berkat pengelolaan limbah, pengendalian vektor penyakit, serta peningkatan akses air bersih dan sanitasi yang layak.

"Di samping itu, Kabupaten Bandung juga melibatkan masyarakat dalam upaya meningkatkan kesehatan seperti melalui  penyuluhan kesehatan, pembentukan kelompok-kelompok kesehatan masyarakat, dan partisipasi aktif masyarakat dalam program-program kesehatan," ungkap Dadang.

Dadang juga menyampaikan terima kasih kepada jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung yang telah bekerja keras, para ASN dan seluruh masyarakat Kabupaten Bandung yang telah bersama-sama mewujudkan Kabupaten Bandung yang sehat.

"Penghargaan ini saya dedikasikan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bandung. Semoga derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Bandung semakin meningkat dari tahun ke tahun dan ujungnya akan mengangkat IPM (indeks pembangunan manusia) kita," ujar Dadang.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement