REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Kegiatan BSI Digination telah membekali berbagai softskill kepada pelajar SMA/SMK/MA Sederajat untuk menyiapkan diri untuk terjun di dunia Industri digital kreatif. Salah satunya dalam membangun personal branding di media sosial, yang telah dipaparkan oleh Dian Ardiansyah selaku Creative Director KIAN EO di pada kegiatan BSI Digination Cikarang.
BSI Digination sendiri merupakan kegiatan workshop dan kunjungan industri yang digelar oleh startup Digital Creative Center (DCC) atau Lab Alfa-One di berbagai wilayah Indonesia dengan berkolaborasi bersama Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika). Kali ini, kegiatan tersebut hadir di Cikarang, tepatnya di Universitas BSI Cikarang dari 28 hingga 30 November 2023.
Dalam paparannya Dian menyampaikan pentingnya membangun personal branding sejak dini dalam menyiapkan diri terjun di dunia kerja. Karena menurutnya, personal branding yang kuat akan memudahkan diri dalam mencapai suatu tujuan.
"Banyak manfaat yang akan dirasakan bila mana sudah mempunyai personal branding yang kuat. Pertama, dapat meningkatkan kepercayaan diri. Kedua, dapat meningkatkan kesempatan karier. Ketiga, sapat meningkatkan pengaruh dan otoritas. Dan masih banyak lagi," katanya, Selasa (28/11/2023).
Di samping itu, ia menambahkan bahwa brand sendiri merupakan citra atau identitas, dengan kata lain personal branding adalah identitas diri. Untuk membangun dan meningkatkannya, perlu proses yang dinamakan dengan branding.
"Brand yang kuat bisa terbentuk dari hasil branding yang tepat. Bagaimana cara branding yang tepat? Langkah-langkahnya yaitu dengan menentukan target audiens, membuat profil online yang kuat, mulai membangun konten, mengelola citra secara aktif, tetap konsisten, dan jalin hubungan dengan orang lain," ujarnya.