Sabtu 02 Dec 2023 21:53 WIB

Pj Gubernur Jabar Dorong Pembangunan Jembatan Citarum Dayeuhkolot-Baleendah

Di jembatan saat ini sudah ada bagian yang mengalami keretakan.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin.
Foto: Dok Fatwa Dokpim Jabar
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin mendorong pembangunan jembatan Citarum penghubung wilayah Dayeuhkolot-Baleendah, Kabupaten Bandung, pada 2024. Dukungan Pj Gubernur ini disambut baik Bupati Bandung Dadang Supriatna.

Bey mengatakan, pada jembatan saat ini kondisinya ada yang mengalami keretakan, sehingga perbaikan atau pembangunan perlu didorong. “Kondisinya sudah ada yang retak, sehingga hari ini saya meninjau dan kami upayakan supaya bisa mulai diperbaiki atau dibangun jembatan yang baru,” kata dia, saat meninjau jembatan tersebut, didampingi Bupati Bandung Dadang Supriatna, Sabtu (2/12/2023).

Baca Juga

Untuk pembangunan jembatan itu disebut disiapkan dana sekitar Rp 55 miliar. Dana bersumber dari APBN, serta APBD Provinsi Jabar dan Kabupaten Bandung. Menurut Bey, pembangunan jembatan diharapkan bisa mulai dilaksanakan pada 2024. Masa pembangunannya diperkirakan satu tahun.

“Kami upayakan supaya tahun depan mulai ada pembangunan. Diupayakan tahun depan karena kebutuhan dan menimbulkan kemacetan dan juga ini kan membahayakan. Jangan sampai ambruk,” kata Bey.

 

Bupati Bandung Dadang Supriatna mengaku menyampaikan langsung kondisi jembatan penghubung Dayeuhkolot-Baleendah itu kepada Pj Gubernur Jabar saat rapat koordinasi di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kertajati, Kabupaten Majalengka. Ia bersyukur Pj Gubernur langsung meresponsnya dengan mendatangi lokasi.

“Kalau misalkan nanti ada kendala dalam hal teknis untuk pelebaran sebagian lahan, itu bisa didiskusikan,” kata Dadang.

Dadang mengatakan, APBD Kabupaten Bandung dapat diupayakan untuk mendorong percepatan pembangunan jembatan tersebut. “Anggaran dari APBD Kabupaten Bandung disiapkan untuk anggaran pelebaran lahan,” ujar dia.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement