Sabtu 02 Dec 2023 23:57 WIB

Cegah Banjir, TNI dan Polisi Bersih-Bersih Sungai di Palabuhanratu Sukabumi

Operasi bersih-bersih dilakukan di area Sungai Cipalabuan. 

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Kegiatan bersih-bersih sungai.
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
(ILUSTRASI) Kegiatan bersih-bersih sungai.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Puluhan personel Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi dan Polres Sukabumi bergotong royong membersihkan area Sungai Cipalabuan di wilayah Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Sabtu (2/12/2023). Sampah yang berada di sekitar aliran sungai itu diangkut.

“Operasi bersih-bersih sungai ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadi banjir dan longsor, khususnya di wilayah Palabuhanratu,” kata Komandan Kodim (Dandim) 0622/Kabupaten Sukabumi Letkol Inf Anjar Ari Wibowo, Sabtu.

Baca Juga

Menurut Anjar, aliran sungai tersebut menjadi sasaran operasi bersih-bersih karena menjadi salah titik rawan yang dapat memicu banjir. Belum lama ini pun dilaporkan air Sungai Cipalabuan meluap, yang mengakibatkan banjir di kawasan dermaga Pelabuhan Perikanan Nusantara dan beberapa rumah tergenang. 

Anjar mengatakan, sebagaimana informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), diperkirakan intensitas hujan akan tinggi pada periode Desember 2023 hingga Februari 2024. Intensitas hujan yang tinggi ini dapat meningkatkan risiko bencana.

 

Karenanya, Anjar berharap operasi bersih-bersih di aliran sungai ini dapat meminimalkan potensi bencana. Ia mengajak warga untuk menjaga kebersihan sungai, jangan sampai menunggu terjadinya bencana. Warga pun diingatkan untuk tidak membuang sampah sembarangan ke aliran sungai.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement