Sabtu 02 Dec 2023 14:31 WIB

Donasi untuk Palestina, Kemenag dan Baznas Kota Sukabumi Kumpulkan Rp 252 Juta

Baznas Kota Sukabumi berupaya mengumpulkan donasi sebanyak mungkin.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Bendera Palestina.
Foto: Reuters
(ILUSTRASI) Bendera Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Masyarakat di Kota Sukabumi, Jawa Barat, diajak untuk memberikan donasi kemanusiaan sebagai bantuan bagi rakyat Palestina. Pengumpulan donasi dilakukan Kementerian Agama (Kemenag) dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Sukabumi.

Ketua Baznas Kota Sukabumi Miftah Amir mengatakan, hingga Jumat (1/12/2023), donasi untuk Palestina melalui Kemenag yang disalurkan ke Baznas Provinsi Jawa Barat sebesar Rp 198.814.000. Sementara donasi yang dihimpun Baznas Kota Sukabumi Rp 53.799.500. “Hingga kini, total bantuan yang berhasil dihimpun sementara mencapai Rp 252.613.500,” ujar Miftah kepada Republika.

Baca Juga

Kepala Bidang Penghimpunan Baznas Kota Sukabumi Yoga Permana sebelumnya menjelaskan, penggalangan donasi untuk bantuan bagi Palestina dilakukan setelah adanya instruksi dari Baznas pusat pada 18 Oktober 2023. Donasi kemanusiaan yang terkumpul disebut akan disalurkan melalui Baznas pusat.

Setelah adanya arahan itu, Yoga mengatakan, Baznas berupaya menggencarkan sosialisasi dengan menyebarkan surat imbauan kepada setiap Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) yang ada di Kota Sukabumi.

 

Baznas Kota Sukabumi juga menginformasikannya lewat media sosial, juga membuat baliho, untuk mengajak masyarakat ikut memberikan bantuan bagi Palestina. “Baznas akan berupaya maksimal mengumpulkan dana bantuan untuk Palestina sebanyak-banyaknya,” kata Yoga. 

Yoga memastikan donasi yang terkumpul akan disalurkan ke Baznas pusat untuk kemudian ditujukan membantu rakyat Palestina. Diharapkan bantuan ini dapat meringankan beban rakyat Palestina.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement