Ahad 03 Dec 2023 08:30 WIB

Tim SAR Evakuasi Jasad Korban Tenggelam di Curug Congcot

Korban terpeleset dan diduga kepalanya membentur dasar sungai dan tak sadarkan diri.

Tim SAR gabungan saat mengevakuasi jasad korban tenggelam di Curug Congcot.
Foto: antara
Tim SAR gabungan saat mengevakuasi jasad korban tenggelam di Curug Congcot.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Tim SAR gabungan mengevakuasi jasad korban tenggelam di Curug Congcot, Kampung Ciherang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu, (2/12).

"Kami mendapatkan laporan ada warga yang tenggelam di curug yang berada di RT 07/01, Desa Cidahu, Kecamatan Cidahu ini pada Sabtu sekitar pukul 15.00 WIB dan langsung mengerahkan personel untuk bergabung dengan tim SAR lainnya untuk melakukan pencarian," kata Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede di Sukabumi, Sabtu (3/12/2023). 

Informasi yang dihimpun dari pihak Polres Sukabumi, korban bernama Dede Jaelani yang merupakan karyawan swasta ini awalnya hendak meloncat ke aliran Sungai Cibojong sekitar Curug Congcot. Namun saat hendak melompat, korban terpeleset dan diduga kepalanya membentur dasar sungai sehingga tidak sadarkan diri. Kondisi korban yang tidak sadar itu mengakibatkan tubuhnya terbawa arus sungai dan akhirnya tenggelam.

Rekan korban yang melihat kejadian itu langsung melapor kepada aparat keamanan setempat yang kemudian berkoordinasi dengan tim SAR. Tidak lama, tim SAR gabungan dari beberapa komunitas dan lembaga tiba di lokasi kejadian yang dibantu masyarakat sekitar langsung melakukan pencarian dengan menyusuri aliran sungai.

 

Tidak berselang lama, jasad korban berhasil ditemukan tidak jauh dari lokasi kecelakaan. Tim SAR gabungan langsung mengevakuasi jasad dan membawanya ke Puskesmas Cidahu.

Polisi sempat meminta izin untuk melakukan autopsi, namun pihak keluarga korban menolaknya dan mengikhlaskan bahwa kejadian ini merupakan musibah. "Jasad korban sudah dijemput oleh keluarganya untuk dikebumikan, sementara kami memasang garis polisi di lokasi kejadian agar tidak ada siapapun yang mendekat khawatir terjadi kecelakaan serupa, " tambahnya.

Sementara, Kasi Humas Polres Sukabumi Iptu Aah Saepul Rohman mengimbau warga agar berhati-hati saat bermain di sekitar aliran sungai, apalagi saat ini hujan deras turun hampir sepanjang hari sehingga debit air sungai meningkat dan tidak menutup kemungkinan terjadi banjir bandang.

Pihaknya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasi kepada personel cepat Bhabinkamtibmas Polsek Cidahu dan tim SAR gabungan seperti Bhabinsa, Puskesmas Cidahu, relawan, ambulan Sukabumi Bersatu dan masyarakat yang telah bergotong royong melakukan operasi SAR ini. 

Pihaknya juga sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), memasang garis polisi serta meminta keterangan dari sejumlah saksi terkait kasus kecelakaan sungai yang menewaskan seorang warga sekitar.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement