Selasa 05 Dec 2023 10:11 WIB

Musim Hujan, BMKG Prediksi Cuaca di Bandung Raya Tiga Hari ke Depan

Puncak musim hujan di wilayah Bandung Raya diperkirakan Februari hingga Maret 2024.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Kendaraan melewati genangan cileuncang atau genangan air hujan yang merendam ruas jalan di bawah Flyover Cimindi.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Kendaraan melewati genangan cileuncang atau genangan air hujan yang merendam ruas jalan di bawah Flyover Cimindi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung memprediksi cuaca di Kota Bandung tiga hari ke depan sejak tanggal 5-7 Desember 2023. Cuaca pagi hingga siang hari cerah berawan hingga berawan, sedangkan siang menuju sore dan menjelang malam berpotensi hujan ringan, sedang, hingga lebat.

"Kondisi cuaca wilayah Bandung Raya pada pagi dan siang hari umumnya cerah berawan hingga berawan. Antara siang, sore dan menjelang malam hari  pada umumnya berpotensi hujan ringan, sedang hingga lebat," ucap Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu melalui keterangan resmi, Selasa (5/12/2023).

Sedangkan cuaca pada malam dan dini hari diprediksi berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang. Kondisi suhu berkisar antara 21,2 – 31,0 derajat celcius dengan kelembapan berkisar antara 50 persen hingga 95 persen.

Saat ini, dia mengatakan, sebagian wilayah di Bandung Raya sudah memasuki awal musim hujan pada awal Desember. Potensi hujan mulai dari ringan hingga lebat disertai petir dan kilat dengan durasi singkat.

 

"Sebagian wilayah Bandung Raya telah memasuki awal musim hujan hal ini ditandai dengan pertumbuhan awan-awan rendah yang dapat tumbuh menjadi awan awan konvektif signifikan," kata dia.

Dia melanjutkan, puncak musim hujan di wilayah Bandung Raya diperkirakan akan terjadi pada Februari hingga Maret 2024. Teguh mengimbau, masyarakat waspada terhadap potensi dampak cuaca ekstrem yang terjadi pada awal musim hujan seperti hujan dengan intensitas ringan hingga lebat  yang disertai petir/kilat dan angin kencang.

Selain itu, potensi angin puting beliung dan potensi hujan es yang dapat mengakibatkan bencana genangan, banjir, tanah longsor, pohon tumbang, serta dampak kerusakan lainnya.

Khusus untuk daerah bertopografi curam dan bergunung atau rawan longsor, dia mengingatkan, agar tetap waspada. Khususnya pada kejadian hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang terjadi selama beberapa hari berturut-turut.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement