Selasa 05 Dec 2023 15:15 WIB

Universitas BSI: AI Sebagai Pendorong Utama Perubahan di Berbagai Sektor

Artificial Intelligence mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih personal.

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Cikampek dengan bangga menyelenggarakan Seminar Pemuda Digital bertajuk
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Cikampek dengan bangga menyelenggarakan Seminar Pemuda Digital bertajuk

REPUBLIKA.CO.ID, CIKAMPEK -- Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Cikampek dengan bangga menyelenggarakan Seminar Pemuda Digital bertajuk "Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Transformasi Pendidikan" di Ballroom Hotel Harper Purwakarta, pada Selasa, 28 November 2023.

Yusuf Ricky Carel selaku CEO dan Founder Digital Optima Integra, hadir sebagai pembicara utama. Ia menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Universitas BSI atas inisiatif luar biasa mengadakan seminar ini, khususnya dengan tema yang begitu relevan, "Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Transformasi Pendidikan".

Baca Juga

Dalam konteks ini, ia mengatakan, bahwa perlu menyadari bahwa kini hidup di era di mana perkembangan teknologi, terutama kecerdasan buatan, menjadi pendorong utama perubahan di berbagai sektor, termasuk pendidikan. AI bukan lagi sekadar konsep futuristik, melainkan realitas yang memasuki kelas-kelas dan ruang-ruang pembelajaran.

“Artificial Intelligence mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih personal dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing siswa. Kemampuannya untuk menganalisis pola pembelajaran setiap individu memungkinkan pendekatan yang lebih adaptif, memaksimalkan potensi dan kecepatan belajar,” katanya.

 

Namun, sebagai mitra dalam proses pendidikan, tentunya perlu memahami bahwa keberhasilan pemanfaatan AI bergantung pada bagaimana mengelolanya. Etika dan nilai-nilai kemanusiaan harus senantiasa terjaga agar kecerdasan buatan tidak hanya menjadi alat, tetapi juga menjadi jembatan untuk menghubungkan siswa dengan pemahaman yang lebih mendalam terhadap dunia.

“Melalui seminar ini, saya berharap kita semua dapat lebih memahami peluang dan ancaman pemanfaatan AI dalam pendidikan. Mari bersama-sama menjadikan kecerdasan buatan sebagai alat untuk memberdayakan generasi masa depan, membimbing mereka menuju kesuksesan dalam menghadapi perubahan dinamis di dunia ini,” ujarnya.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement