Kamis 07 Dec 2023 23:38 WIB

Musim Hujan, BPBD Subang Ingatkan Potensi Pohon Tumbang dan Longsor

Ada sejumlah daerah yang dinilai rawan longsor dan pohon tumbang.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Petugas memotong batang pohon yang tumbang.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
(ILUSTRASI) Petugas memotong batang pohon yang tumbang.

REPUBLIKA.CO.ID, SUBANG — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Subang, Jawa Barat, mengingatkan masyarakat agar selalu waspada akan kemungkinan terjadinya bencana saat musim hujan. Seperti longsor, angin kencang, dan pohon tumbang.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Subang Udin Jazudin mengatakan, belakangan ini terjadi beberapa kejadian bencana seiring mulai turunnya hujan. “Kami terus melakukan sosialisasi siaga bencana kepada masyarakat, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana,” kata dia di Subang, Kamis (7/12/2023).

Baca Juga

Udin mencontohkan kejadian pohon tumbang akibat angin kencang di wilayah Patokbeusi yang menimpa rumah warga, serta pohon tumbang di Kecamatan Jalancagak yang menimpa kendaraan.

Udin pun meminta masyarakat yang melewati kawasan Ciater untuk berhati-hati akan potensi pohon tumbang, terlebih saat turun hujan disertai angin kencang. Pasalnya, di kawasan tersebut banyak pohon besar.

Ihwal longsor, menurut Udin, ada beberapa wilayah yang dinilai rawan akan bencana tersebut. Di antaranya wilayah Kecamatan Tanjungsiang, Serangpanjang, Kasomalang, Sagalaherang, Ciater, dan di wilayah Kecamatan Cijambe.

Udin mengatakan, pihaknya berupaya memasang spanduk di lokasi-lokasi yang dinilai rawan bencana atau rawan pohon tumbang, dan imbauan lainnya agar masyarakat lebih waspada. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement