Jumat 15 Dec 2023 20:11 WIB

Kronologi Kecelakaan Bus Handoyo Tabrak Guardrail di Tol Cipali, 12 Korban Meninggal

Bus PO Handoyo yang mengalami kecelakaan itu melintas dari arah Cirebon ke Jakarta.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
Bus PO Handoyo yang mengalami kecelakaan di interchange kilometer 72/B Tol Cipali, Jumat (15/12/2023).
Foto: Dok Republika
Bus PO Handoyo yang mengalami kecelakaan di interchange kilometer 72/B Tol Cipali, Jumat (15/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Kecelakaan bus PO Handoyo di ruas Tol Cipali, wilayah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, pada Jumat (15/12/2023), mengakibatkan korban jiwa. Bus bernomor polisi AA 7626 OA itu dilaporkan menabrak guardrail (pagar pengaman jalan). 

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat (Jabar) Kombes Pol Ibrahim Tompo menjelaskan, bus PO Handoyo tersebut membawa 20 penumpang. Bus melintas dari arah Cirebon menuju ke Jakarta. Saat melintasi interchange kilometer (km) 72/B, sekitar pukul 15.40 WIB, bus tersebut mengalami kecelakaan.

Baca Juga

“Setibanya di tempat kejadian perkara, saat melaju di jalan yang menikung ke kiri, diduga pengemudi kurang antisipasi, sehingga kendaraan oleng tidak terkendali menabrak guardrail,” kata Ibrahim, saat dikonfirmasi, Jumat (15/12/2023).

Setelah menabrak guardrail, Ibrahim menjelaskan, posisi bus tersebut miring dengan roda kiri di atas badan jalan dan menghadap ke selatan.

Kecelakaan tersebut mengakibat sejumlah penumpang bus meninggal dunia. “12 orang meninggal dunia dan tujuh orang luka-luka,” kata Ibrahim.

Menurut Ibrahim, korban meninggal dunia terdiri atas tiga laki-laki dan sembilan perempuan. Jenazah korban sudah dievakuasi ke Rumah Sakit (RS) Abdul Radjak, Kabupaten Purwakarta.

Sedangkan tujuh korban yang mengalami terluka terdiri atas lima laki-laki dan dua perempuan. Mereka dievakuasi ke RS Siloam, Purwakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement