Selasa 19 Dec 2023 18:35 WIB

Libur Nataru, Dinkes Pangandaran Siapkan Pos Kesehatan di Kawasan Wisata

Dinkes Pangandaran juga menyiagakan 38 mobil ambulans dan enam ambulans motor.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Suasana Pantai Pangandaran di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.
Foto: Republika/Bayu Adji P
(ILUSTRASI) Suasana Pantai Pangandaran di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, menyiapkan fasilitas layanan kesehatan saat momen libur Natal dan tahun baru (Nataru). Di antaranya pos kesehatan, yang akan disiapkan di sejumlah kawasan wisata.

Kepala Dinkes Kabupaten Pangandaran Yadi Sukmayadi mengatakan, saat momen libur Nataru, dinasnya akan menyiagakan sekitar 442 orang. Terdiri atas 50 dokter, 296 perawat, 34 ahli tenaga laboratorium medik, 32 sopir ambulans, dan 30 tim monitor. “Dinkes Pangandaran juga menyiapkan 38 mobil ambulans dan enam ambulans motor,” kata dia, melalui siaran pers, Selasa (19/12/2023).

Baca Juga

Menurut Yadi, pada momen libur Nataru juga akan ada empat pos kesehatan terpadu, yakni di Tourism Information Center (TIC), pos pengamanan (pos pam) Pancimas Kalipucang, pos pam Cikidang, dan pos pam di perbatasan Padaherang. 

Selain itu, Yadi mengatakan, disiapkan pos kesehatan di sejumlah kawasan wisata. Seperti di kawasan Pantai Karapyak, Pantai Timur Pangandaran (Polairud), Pantai Barat Pangandaran (pos lifeguard), Pantai Batu Hiu, Green Canyon, Pantai Batukaras, Pantai Madasari, Citumang, Santirah, dan Ciwayang, Disiapkan juga pos kesehatan di ujung tol, depan Hotel Horison, jalan baru Karangtirta, dan jalan baru Batukaras.

Menurut Yadi, Dinkes pun akan menyiapkan sembilan pos kesehatan protokol. Pos kesehatan protokol itu akan berada di Puskesmas Padaherang, Puskesmas Sindangwangi, Puskesmas Kalipucang, Puskesmas Pangandaran, Puskesmas Cikembulan, Puskesmas Parigi, Puskesmas Cijulang, Puskesmas Cimerak, dan Puskesmas Legokjawa.

Ada pula enam pos kesehatan nonprotokol, yang akan disiapkan di Puskesmas Mangunjaya, Puskesmas Sidamulih, Puskesmas Selasari, Puskesmas Langkaplancar, Puskesmas Jadikarya, dan Puskesmas Cigugur. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement