Selasa 19 Dec 2023 23:47 WIB

Pj Bupati Purwakarta Ajak Warga Tanam Cabai, Pemkab Siapkan Bantuan Benih

Gerakan tanam cabai ini disebut salah satu upaya menjaga inflasi.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Menanam cabai.
Foto: Antara/Aloysius Jarot Nugroho
(ILUSTRASI) Menanam cabai.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA — Penjabat (Pj) Bupati Purwakarta Benni Irwan mengajak masyarakat untuk menggalakkan menanam cabai. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta menyiapkan bantuan benih cabai untuk masyarakat.

“Kami mengimbau, sekaligus mengajak masyarakat menanam cabai di pekarangan rumah,” ujar Benni Irwan di Purwakarta, Selasa (19/12/2023).

Baca Juga

Benni mengatakan, Gerakan Masyarakat Tanam Cabai ini digulirkan sebagai salah satu upaya mengendalikan inflasi. Apalagi, kata dia, kenaikan harga cabai di pasaran akan sangat dirasakan masyarakat.

Gerakan Masyarakat Tanam Cabai di Kabupaten Purwakarta ini sudah dimulai di wilayah Kecamatan Wanayasa, serta di Desa Gunungkarung, Kecamatan Maniis.

Untuk mendukung gerakan tersebut, Benni mengatakan, Pemkab Purwakarta menyiapkan benih cabai bagi masyarakat. Para camat dan kepala desa diminta untuk memantau dan memastikan bantuan bibit cabai tersebut ditanam oleh masyarakat.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta Sri Jaya Midan mengatakan, luas area yang ditanami berbagai jenis cabai di daerahnya mencapai sekitar 54,5 hektare. “Lahan itu sudah lama ditanami tanaman cabai,” kata dia.

Tahun ini, hingga November, produksi cabai di Kabupaten Purwakarta disebut sekitar 156,98 ton. Sri menilai, produksi cabai ini masih belum maksimal. Karenanya, pemkab tengah mendorongnya. “Sekarang kami kembali menggalakkan penanaman cabai di area sawah sekitar Purwakarta,” ujar dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement