Sabtu 16 Dec 2023 21:44 WIB

Pengelola Wisata di Purwakarta Diminta Siap Sambut Wisatawan dan Antisipasi Bencana

Sekda minta pengelola wisata memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Kawasan wisata Situ Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.
Foto: Edi Yusuf/Republika
(ILUSTRASI) Kawasan wisata Situ Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA — Sekretaris Daerah (Sekda) Purwakarta Norman Nugraha meminta pengelola wisata bersiap menyambut wisatawan pada momen libur Natal dan tahun baru (Nataru). Selain itu, pengelola wisata diminta menyiapkan mitigasi bencana mengingat kondisi musim hujan.

Norman mengatakan, sebagaimana pengalaman tahun-tahun sebelumnya, biasanya pada momen libur Nataru terjadi peningkatan kunjungan wisatawan ke wilayah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Karenanya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta meminta pengelola wisata bersiap.

Baca Juga

Menurut Norman, saat ini di Kabupaten Purwakarta terdata 62 destinasi wisata. Dari jumlah tersebut, 30 di antaranya merupakan destinasi wisata alam atau buatan. Selain itu, ada wisata kuliner, wisata edukasi, dan wisata religi.

“Kami, melalui dinas terkait, juga memaksimalkan monitoring ke seluruh destinasi wisata yang ada untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung,” kata Norman, Jumat (15/12/2023).

Norman pun mengingatkan pengelola wisata soal potensi terjadinya bencana. Terlebih di kawasan wisata alam. “Mitigasi bencana juga tetap harus diperhatikan untuk meminimalkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” kata dia.

Menurut Norman, ketika kondisi cuaca tidak mendukung, pengelola wisata diminta tidak memaksakan tempat wisata beroperasi atau menerima pengunjung. “Kita harus perhatikan cuaca sebelum beroperasi. Jangan sampai hal-hal yang tak diinginkan terjadi. Intinya, kalau cuaca tak memungkinkan, jangan menerima kunjungan,” katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement