Kamis 21 Dec 2023 21:18 WIB

Kesaksian Warga Saat Truk Tronton Tabrak Sejumlah Motor di Cianjur

Dugaan sementara, truk tronton itu mengalami rem blong.

Rep: Antara/Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
Warga melihat truk tronton yang mengalami kecelakaan di Gekbrong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (21/12/2023).
Foto: ANTARA FOTO/Henry Purba
Warga melihat truk tronton yang mengalami kecelakaan di Gekbrong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (21/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR — Sejumlah pengendara motor dilaporkan tertabrak truk tronton di ruas Jalan Raya Sukabumi, Gekbrong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (21/12/2023). Truk bermuatan air mineral dalam kemasan itu yang dilaporkan melaju tak terkendali itu berhenti setelah menghantam bangunan rumah dan ruko atau kios.

Truk tronton itu dikabarkan bergerak dari arah Sukabumi menuju Cianjur. Berdasarkan informasi dari warga di sekitar lokasi kejadian, truk itu terlihat melaju seperti tidak terkendali dan menabrak pengendara motor.

Baca Juga

“Truk menghantam pengendara sepeda motor dari arah berlawanan. Satu terpental sejauh beberapa meter, sedangkan yang satunya terlindas truk. Tidak sampai di situ. Truk baru berhenti setelah menghantam rumah dan ruko di pinggir jalan,” kata warga sekitar, Dayat (45 tahun).

Menurut Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cianjur AKP Adhi Prasidya, berdasarkan hasil penyelidikan sementara ini, truk tronton yang dikemudikan sopir berinisial DE itu diduga mengalami rem blong hingga melaju tidak terkendali. Truk itu baru berhenti setelah menabrak bangunan. “Sebelumnya truk yang mengalami rem blong sempat menghantam sejumlah pengendara sepeda motor,” kata dia.

Berdasarkan pendataan sementara, kecelakaan lalu lintas itu mengakibatkan dua orang meninggal dunia dan sejumlah korban lainnya terluka. Adhi mengatakan, seluruh korban yang meninggal dunia dan terluka ringan sudah dievakuasi ke RSUD Sayang, Kabupaten Cianjur. 

Sopir truk juga dievakuasi ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Adhi mengatakan, sopir truk belum dimintai keterangan. “Untuk terlapor (sopir truk) masih dirawat juga di rumah sakit,” kata dia, saat dikonfirmasi, Kamis.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat (Jabar) Kombes Pol Ibrahim Tompo sebelumnya menjelaskan, truk tronton bernomor B 9085 TRU, yang dikemudikan sopir berinisial DE, bergerak dari arah Sukabumi menuju Cianjur. “Ketika menempuh jalur lurus menurun panjang, hilang kendali, diduga hilang fungsi rem,” kata dia, saat dikonfirmasi, Kamis.

Menurut Ibrahim, truk tronton tersebut lantas menabrak bagian belakang sepeda motor Supra, yang dikendarai R, dan sepeda motor Verza, yang dikendarai JI. Kemudian truk menabrak sepeda motor Nmax, yang dikendarai F dan penumpang DL, dari arah berlawanan.

Setelah itu, Ibrahim mengatakan, truk tronton menabrak bangunan rumah atau kios. Akibat kecelakaan itu, menurut dia, pengendara motor Verza berinisial JI meninggal dunia di lokasi kejadian. Selain itu, pemilik rumah berinisial RR. “Korban pemilik rumah yang tertabrak, RR, meninggal dunia,” ujar dia.

Ibrahim mengatakan, kecelakaan itu juga mengakibatkan pengemudi truk dan satu penumpangnya mengalami luka ringan. Pengemudi motor Supra, serta pengendara Nmax dan penumpangnya, juga dilaporkan mengalami luka ringan. Luka ringan juga dialami pemilik kios pakan burung dan satu pembeli pakan burung. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement