Selasa 26 Dec 2023 22:44 WIB

40 Ribu Kendaraan Lintasi Jalur Puncak Bogor, One Way Sempat Diterapkan

Polres Bogor menyiapkan rekayasa lalu lintas hingga malam pergantian tahun.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
Anggota Satlantas Polres Bogor mengatur arus lalu lintas di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (26/12/2023).
Foto: ANTARA FOTO/Arif Firmansyah
Anggota Satlantas Polres Bogor mengatur arus lalu lintas di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (26/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor menyebut Selasa (26/12/2023) merupakan puncak arus balik libur Natal. Ada ribuan kendaraan yang melintasi jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Selasa ini.

“Data sementara, yang naik 20 ribu kendaraan, untuk yang turun 20 ribu. Total kendaraan melintas ke kawasan puncak sekitar 40 ribu,” kata Kepala Satlantas Polres Bogor AKP Rizky Guntama di Pos Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Selasa.

Baca Juga

Untuk mengurai kepadatan arus kendaraan di jalur yang menghubungkan Kabupaten Bogor-Kabupaten Cianjur itu, Polres Bogor sempat memberlakukan rekayasa lalu lintas (lalin) satu arah (one way). Rekayasa lalin diberlakukan sejak Selasa siang hingga petang. 

“Tepat pukul 12.50 WIB kita melaksanakan rekayasa lalin, yaitu one way dari arah Puncak menuju Jakarta,” kata Rizky.

Polres Bogor menyiapkan rekayasa lalin hingga malam pergantian tahun. Menurut Kepala Polres (Kapolres) Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro, sistem ganjil genap akan tetap diberlakukan. “Pada 27-29 (Desember 2023) tetap masih ada ganjil genap kita gunakan agar bisa mengatur jumlah kendaraan yang bisa naik ke Puncak,” ujar dia.

Kapolres mengatakan, pada malam menjelang pergantian tahun juga akan dilakukan rekayasa lalin karena bakal ada car free night di jalur Puncak.

“Jadi, kami imbau masyarakat yang ingin berlibur saat malam pergantian tahun agar memasuki kawasan Puncak lebih awal karena pada 31 Desember pukul 18.00 WIB hingga 1 Januari 2023 pukul 01.00 WIB kami terapkan car free night,” kata Kapolres.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement