Sabtu 30 Dec 2023 05:20 WIB

KedaiKOPI: PDIP, Gerindra dan PKB akan Pimpin 3 Besar Pemilu 2024

Ketiga partai akan mendapatkan coat tail effect langsung dari para calon presidennya.

Rep: Febrian Fachri / Red: Agus Yulianto
Pendiri KedaiKOPI Hendri Satrio.
Foto: istimewa/doc pribadi
Pendiri KedaiKOPI Hendri Satrio.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Founder Lembaga Survei KedaiKOPI, Hendri Satrio, mengatakan, bahwa 3 besar partai politik di Pemilu 2024 akan diperebutkan oleh PDI-P, Gerindra dan PKB. Hensat, sapaan akrab Hendri Satrio menyebut, PDI Perjuangan akan memuncaki klasemen partai disusul Gerindra dan PKB. Analisa ini berdasarkan pertarungan ketiga partai tersebut yang akan mendapatkan coat tail effect langsung dari para calon presidennya. 

"PDI Perjuangan akan mendapatkan coat tail effect dari Ganjar Pranowo, sedangkan Prabowo akan memberikan coat tail effect yang besar sekali kepada Gerindra, dan Muhaimin Iskandar yang akan memberikan coat tail effect kepada PKB di kubu Anies-Muhaimin,” kata Hensat, Jumat (29/12/2023). 

Hendri menjelaskan, alasan mengapa NasDem tidak menempati posisi 3 besar meski menjadi partai politik pertama yang mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden. Dia menilai, Anies bukanlah kader NasDem sehingga pemilih tidak langsung menganggap bahwa NasDem adalah Anies Baswedan, meskipun menurut hasil survei KedaiKOPI salah satu alasan responden memilih NasDem adalah karena Anies Baswedan. 

Sementara bila nanti PKB berhasil masuk menjadi 3 besar, maka hal tersebut merupakan suatu prestasi besar bagi partai tersebut. Karena Pemilu 2024 akan menjadi pencapaian tertinggi bagi PKB dalam sejarah partai tersebut berdiri. 

Hensat menambakan, hadirnya Muhaimin Iskandar di dalam kertas suara tentu saja akan menguntungkan PKB secara langsung, sehingga Hendri memperkirakan partai ini akan mendapatkan tempat tertinggi di dalam pemilu sepanjang keikutsertaan mereka dalam proses Pemilu. 

Selain 3 partai tersebut, Hendri juga memprediksi ada beberapa partai lain yang suaranya akan melonjak karena mendapatkan coat tail effect dari capres-cawapres salah satunya PKS.

"PKS saya prediksi akan menempati urutan kedua terbesar sebagai penyokong Anies Baswedan. Sehingga urutannya akan PKB, PKS, lalu NasDem," ujar Hendri. 

Sementara itu Hendri meyakini di pengusung Prabowo Subianto selain Gerindra yang akan mendapatkan coat tail effect bagus adalah Golkar.  “Golkar akan dapat coat tail effect meski lonjakannya tidak besar atau bahkan angkanya akan turun dibandingkan hasil di Pemilu 2019 silam,” kata Hendri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement