Rabu 03 Jan 2024 11:20 WIB

Selama Libur Nataru, Puluhan Ribu Wisatawan Serbu Kota Cirebon Berburu Wisata Kuliner

Selain berwisata para wisatawan tersebut berburu kuliner dan berwisata belanja.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Kunjungan wisatawan ke Taman Air Goa Sunyaragi Cirebon mengalami peningkatan saat libur Natal 2023.
Foto: Dok Humas BPTAGS
Kunjungan wisatawan ke Taman Air Goa Sunyaragi Cirebon mengalami peningkatan saat libur Natal 2023.

REPUBLIKA.CO.ID,CIREBON – Puluhan ribu wisatawan mengunjungi Kota Cirebon selama masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Mereka mengunjungi sejumlah objek wisata yang ada di Kota Cirebon. Selain itu, para wisatawan tersebut berburu kuliner dan berwisata belanja.

Menurut Kepala Dinas kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya,  sejak Sabtu, 23 Desember 2023 hingga Senin, 1 Januari 2024, tercatat jumlah wisatawan yang mengunjungi Kota Cirebon totalnya ada 65.511 orang.

Baca Juga

‘’Kunjungan wisatawan terbanyak pada Senin (1 Januari 2024) sebanyak 15.143 orang, Minggu (31 Desember 2023) 10.704 orang dan Minggu (24 Desember 2023) mencapai 10.454 orang,’’ kata Agus kepada Republika, Rabu (3/1/2024).

Sedangkan hari-hari lainnya, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Cirebon berada di kisaran dua ribu hingga enam ribu orang per hari. Menurut Agus, jumlah wisatawan itu tercatat mengunjungi sejumlah objek wisata. Yakni, Keraton Kasepuhan, Keraton Kacirebonan, Keraton Kanoman, Taman Air Gua Sunyaragi dan Wisata Bahari Kejawanan.

 

‘’Yang paling banyak dikunjungi selama masa libur Nataru adalah Wisata Bahari Kejawanan, dengan jumlah wisatawan mencapai 53.610 orang,’’ kata Agus.

Selain kelima objek wisata itu, wisatawan juga datang dari berbagai daerah mengunjungi sejumlah lokasi lainnya di Kota Cirebon. Di antaranya adalah wisata kuliner dan wisata belanja.

Agus mengatakan, pihaknya selama ini terus berusaha untuk meningkatkan jumlah wisatawan. Selain menambah destinasi wisata, pihaknya juga memperbanyak kegiatan yang menarik.

Apalagi, kini sudah hadir Bandara Kertajati, kereta api dengan jalur double track maupun jalur tol sehingga lebih mudah untuk menuju ke Kota Cirebon. Agus mengatakan, kunjungan wisatawan ke Kota Cirebon pada 2023 mencapai sekitar 4 juta wisatawan. Jauh lebih banyak dibandingkan targetnya yang hanya 2,4 juta wisatawan. Dia berharap, jumlah kunjungan wisatawan pada tahun ini akan lebih meningkat lagi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement