Kamis 11 Jan 2024 16:28 WIB

Penumpang Sambut Baik Rute Penerbangan Pangandaran-Bandung, Keterisian Capai 60 Persen

Susi Air disebut sedang mengajukan jadwal tambah untuk rute Bandung-Pangandaran.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Arie Lukihardianti
Sejumlah penumpang akan menaiki pesawat Susi Air dari Bandara Nusawiru, Kabupaten Pangandaran, menuju Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jumat (29/12/2023).
Foto: Dok. Republika
Sejumlah penumpang akan menaiki pesawat Susi Air dari Bandara Nusawiru, Kabupaten Pangandaran, menuju Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jumat (29/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN ----Rute penerbangan Bandung-Pangandaran sudah mulai beroperasi sejak akhir Desember 2023. Hingga Kamis (11/1/2024), maskapai Susi Air setidaknya sudah tiga penerbangan dengan rute Bandung-Pangandaran sejak peresmian, Jumat (29/12/2023).

Menurut Kepala Bandara Nusawiru Kabupaten Pangandaran Hendra Gunawan, penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung, menuju Bandara Nusawiru, Pangandaran, masih cukup sedikit melayani penumpang. Rata-rata, penumpang yang terbang dari Bandung ke Pangandaran sejak layanan diresmikan adalah 30 persen.

Baca Juga

"Untuk Bandung-Cijulang memang masih sedikit. Baru sekitar 30 persen," kata dia saat dikonfirmasi Republika, Kamis.

Namun, kata dia, antusias penumpang untuk penerbangan dari Bandara Nusawiru ke Bandara Husein Sastranegara disebut sudah cukup baik. Apabila dirata-rata, keterisian pesawat untuk rute itu sekitar 60 persen dari kapasitas pesawat untuk 12 penumpang. 

Hendra mengatakan, pada jadwal penerbangan Senin (1/1/2024), ada 10 penumpang yang terbang dari Bandara Nusawiru ke Bandara Husein Sastranegara. Sementara pada Jumat (5/1/2024), ada lima penumpang yang terbang menggunakan Susi Air dari Pangandaran ke Bandung. Sedangkan pada Senin (8/1/2024), penumpangnya ada tujuh orang.

"Jadi rata-rata hampir 60 persen," kata dia.

Namun, Hendra mengaku belum bisa mengambil kesimpulan terkait minat penumpang untuk terbang dari Bandung ke Pangandaran atau sebaliknya. Pasalnya, penerbangan itu baru beroperasi beberapa kali.

"Kalau di medsos sih sudah cukup banyak yang minat dan bertanya," katanya.

Ia menambahkan, maskapai Susi Air juga sedang berupaya untuk menambah jadwal penerbangan untuk rute Bandung-Pangandaran. Penambahan itu dilakukan sesuai usul dari Bupati Pangandaran, yang ingin ada penerbangan di hari biasa.

"Jadi ketika mau rapat ke Bandung bisa pakai pesawat. Susi Air juga sedang mengajukan jadwal baru dan itu masih proses," kata Hendra. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun Republika, tiket pesawat untuk rute Bandung-Pangandaran atau sebaliknya dijual dengan harga sekitar Rp 730.000 per orang. Penerbangan hanya tersedia pada Senin dan Jumat.

Pesawat akan berangkat dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung, pada pukul 09.15 WIB dan sampai di Bandara Nusawiru, Pangandaran, pada pukul 10.00 WIB. Setelah itu, pesawat Susi Air akan kembali terbang dari Bandara Nusawiru pada pukul 10.30 dan sampai di Bandara Husein Sastranegara pada pukul 11.15 WIB.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement