Jumat 12 Jan 2024 06:05 WIB

Longsor di Pamulihan Garut, Akses Jalan Raya Bungbulang Sempat Tertutup Total

Longsor di Pamulihan dilaporkan dipicu hujan deras.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Material tanah longsor menutup akses Jalan Raya Bungbulang di Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (11/1/2024).
Foto: Dok Diskominfo Kabupaten Garut
Material tanah longsor menutup akses Jalan Raya Bungbulang di Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (11/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT — Kejadian longsor dilaporkan terjadi di wilayah Desa Pananjung, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Kamis (11/1/2024) petang. Terjadinya longsor itu sempat menutup total akses ruas Jalan Raya Bungbulang di wilayah tersebut.

“Penyebab longsor adalah hujan deras yang berlangsung terus-menerus di lokasi. Ditambah dengan kondisi tanah tebing yang labil,” kata Camat Pamulihan, Robiul Awaludin, melalui keterangan tertulis.

Baca Juga

Menurut Robiul, tidak ada laporan mengenai korban jiwa atau kerusakan yang signifikan akibat kejadian longsor itu. Namun, material longsor menutup seluruh badan Jalan Raya Bungbulang. Akibatnya, ruas jalan tersebut sempat tidak bisa dilalui kendaraan, baik roda empat maupun roda dua.

Selepas kejadian longsor, Robiul mengatakan, pihaknya melakukan langkah-langkah awal dengan melaporkan bencana itu kepada instansi terkait dan berkoordinasi untuk upaya pembersihan. Tim yang dipimpin Robiul sempat melakukan pembersihan material longsor secara manual, sambil menunggu kedatangan alat berat. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pada Kamis malam telah diterjunkan alat berat untuk membantu membersihkan material longsor di badan jalan. Ruas jalan terdampak longsor dikabarkan sudah dibuka kembali untuk kendaraan yang hendak melintas.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement