Senin 15 Jan 2024 22:26 WIB

Antisipasi Banjir, DAS Cimandiri Sukabumi Dibersihkan

Pembersihan DAS Cimandiri Sukabumi menjadi salah satu upaya mitigasi bencana.

Unsur Forkopimda Kabupaten Sukabumi menelusuri aliran Sungai Cimandiri (ilustrasi).
Foto: Dok Republika
Unsur Forkopimda Kabupaten Sukabumi menelusuri aliran Sungai Cimandiri (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Puluhan personel gabungan dari unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Sukabumi dikerahkan untuk membersihkan Daerah Aliran Sungai (DAS) Cimandiri di Kampung Cikundulgirang, Kota Sukabumi, Jawa Barat pada Senin (15/1/2024).

Dari pantauan di lokasi tepatnya di RT 03/10 Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu kegiatan yang merupakan mitigasi bencana untuk mencegah terjadinya banjir ini diikuti oleh personel Polres Sukabumi Kota, Kodim 0607 Kota Sukabumi beserta aparatur Pemkot Sukabumi dan sejumlah masyarakat sekitar.

Baca Juga

"Kami mengapresiasi personel yang terlibat pada kegiatan mitigasi bencana ini, diharapkan aksi serupa bisa dilaksanakan di tempat lainnya untuk mencegah terjadinya bencana, khususnya banjir, tanah longsor dan lainnya," kata Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji di Sukabumi, Senin.

Menurut Kusmana, selain mitigasi bencana, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembalikan keindahan Sungai Cimandiri yang memiliki peluang untuk dijadikan sebagai salah satu kawasan wisata alam di wilayah Kota Sukabumi. Apalagi setelah dilakukan penelusuran langsung dengan mengarungi aliran Sungai Cimandiri, ternyata memiliki potensi yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan kawasan wisata arung jeram.

 

Di tempat yang sama, Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setyawan Wibowo menambahkan pada kegiatan ini pihaknya mengerahkan puluhan personel untuk bersama-sama melakukan mitigasi bencana, di mana pada musim hujan potensi terjadinya bencana seperti banjir di wilayah Kota Sukabumi bisa dikatakan tinggi.

Selain membersihkan sampah, upaya mitigasi bencana juga dilakukan dengan menyelenggarakan karya bakti penghijauan dengan menanam puluhan batang pohon di sekitar bantaran Sungai Cimandiri.

“Setelah melakukan peninjauan beberapa waktu lalu, kami bersama beberapa relawan melaksanakan pembersihan sampah di sungai serta melaksanakan karya bakti penghijauan yang diinisiasi oleh Dandim 0607 dengan Letkol (Inf) Yudhi Hariyanto," tambahnya.

Penanaman pohon ini dilakukan di beberapa titik daerah rawan longsor atau abrasi sehingga nantinya diharapkan dapat mencegah atau meminimalisasikan dampak dari bencana itu sendiri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement