Sabtu 20 Jan 2024 15:32 WIB

Disdukcapil Majalengka Jemput Bola Perekaman KTP Sasar Pemilih Pemula

Pemilih di Majalengka, sebanyak 26.837 jiwa atau 0,88 persen merupakan pemilih pemula

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Daftar Pemilih Tetap (DPT) mahasiswa
Foto: Antara/Aloysius Jarot Nugroho
Daftar Pemilih Tetap (DPT) mahasiswa

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA -- Pemerintah Kabupaten Majalengka melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) terus mengakselerasi pembuatan dan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) bagi pemilih pemula. Sasarannya yakni remaja dan pelajar yang usianya sudah masuk sebagai daftar pemilih pemula. 

Menurut Kepala Disdukcapil Kabupaten Majalengka, Ade Saepudin, perekaman KTP-el pemilih pemula itu bertujuan untuk melengkapi data pemilih pemula pada Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. Sehingga pelajar atau remaja yang sudah genap berusia 17 tahun saat Pemilu 2024 nanti bisa ikut berpartisipasi.

Baca Juga

‘’Dari total DPT Kabupaten Majalengka berjumlah 998.757 jiwa, sebanyak 26.837 jiwa atau 0,88 persen merupakan pemilih pemula,’’ ujar Ade , Sabtu (20/1/2024) .

Ade mengatakan, saat ini target perekaman berdasarkan Data Pokok Kemendagri mencapai 26.837 jiwa. Dari jumlah itu, terdapat 14.332 jiwa yang sudah perekaman KTP-el sampai tanggal 17 Januari 2024. Untuk itu, tersisa sebanyak 12.505 jiwa yang belum melakukan perekaman. Adapun target perekaman sampai 14 Februari 2024.

‘’Tersisa kurang lebih satu bulan lagi dan ini segera kita akselerasi dengan berbagai strategi,’’ katanya.

Menurutnya, strategi percepatan perekaman KTP-el kategori pemilih pemula di antaranya dilakukan melalui updating data dan perekaman jemput bola. Selain itu, memberikan pelayanan perekaman KTP-el di Disdukcapil dan 26 kecamatan.

‘’Untuk memaksimalkan layanan, Disdukcapil Kabupaten Majalengka juga membuka layanan pada Sabtu atau weekend service dari mulai pukul 08.00 - 13.00 WIB,’’ kata Ade.

Selain itu, beberapa kecamatan juga melakukan kegiatan penjemputan masyarakat oleh desadesa  untuk diantar ke kecamatan. Selanjutnya, di kecamatan mereka dilakukan perekaman.

Disdukcapil juga bekerja sama dengan KCD IX  Dinas Pendidikan Provinsi  untuk mengarahkan para siswa dan siswi SMA/MA/SMK, yang merupakan pemilih pemula yang saat ini masih berusia 16 tahun, untuk dapat melakukan perekaman KTP-el. 

‘’Kita jemput bola ke beberapa sekolah SMA, SMK, MA yang ada di wilayah Kabupaten Majalengka. Mendekatkan layanan tiap sekolah bersinergi dengan kecamatan,’’ katanya.

Sementara itu, Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Majalengka, Eman Suherman, mengapresiasi langkah Disdukcapil yang melakukan jemput bola dalam perekaman KTP - el bagi pemilih pemula, khususnya di lingkungan sekolah SMA, SMK dan MA. Eman berharap, proses perekaman data pemilih pemula tersebut bisa rampung sesuai target. Dengan demikian, para pemilih pemula itu bisa memberikan hak pilihnya pada Pemilu 2024.

‘’Ini salah satu langkah Pemerintah Kabupaten Majalengka dalam mensukseskan pesta demokrasi Pemilu 2024, sekaligus meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pileg dan Pilpres yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024,’’ kata Eman, saat memonitoring perekaman KTP- el di sekolah SMA Cikijing. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement