Kamis 25 Jan 2024 16:11 WIB

Disparbud Optimistis Tiga Rute Kereta Baru akan Tingkatkan Pergerakan Wisatawan ke Jabar

Rute KA baru, akan melewati beberapa kabupaten/kota di Jabar seperti Garut dan Ciamis

Gerbong kereta Panoramic Kereta Api (KA) Papandayan menuju Stasiun Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat, jelang peluncuran KA Papandayan dan KA Pangandaran, Rabu (24/1/2024).
Foto: Edi Yusuf/Republika
Gerbong kereta Panoramic Kereta Api (KA) Papandayan menuju Stasiun Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat, jelang peluncuran KA Papandayan dan KA Pangandaran, Rabu (24/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Pemprov Jabar, menyambut baik hadirnya tiga rute baru kereta api (KA). Ketiga kereta api tersebut adalah KA Papandayan, KA Pangandaran, dan KA Malabar keberangkatan pagi hari yang baru saja diluncurkan oleh PT Kereta Api Indonesia (PT KAI), Rabu (24/1/2024). 

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat (Kadisparbud Jabar) Benny Bachtiar, langkah PT KAI akan memudahkan wisatawan saat berlibur di Jabar. “Dengan adanya kereta baru ini, tentunya menjadi angin segar bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Jawa Barat. Rute-rute yang tersedia dari KA Papandayan, Malabar, dan Pangandaran ini akan melewati beberapa kabupaten/kota di Jawa Barat seperti Kabupaten Garut, Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, serta Kota Banjar,” ujar Benny, Kamis (25/1/2024).

Baca Juga

Benny berharap, dengan adanya kereta baru ini dapat menjadi alternatif transportasi bagi para wisatawan. Serta, akan meningkatkan pergerakan wisatawan ke Jabar maupun daerah lain di sekitarnya.  "Mari bersama kita sukseskan pariwisata Indonesia melalui kereta api,” katanya.

Sebelumnya, Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menyambut baik dioperasikannya kereta api KA Papandayan dan KA Pangandaran. Karena, hal tersebut akan memberi dampak positif terhadap pertumbuhan pariwisata di Jabar.

“Tentunya dengan dioperasikannya KA Papandayan, KA Pangandaran, dan KA Malabar (keberangkatan pagi) akan memperkuat konektivitas antar kota dan antar daerah di Jawa Barat, serta membuka lebih banyak lagi pintu peluang pertumbuhan ekonomi, pariwisata, dan mobilitas penduduk,” papar Bey.

Menurut jadwal yang dirilis PT KAI, KA Papandayan berangkat dari Jakarta (Gambir) pukul 06.30 WIB dan tiba di Kabupaten Garut pada 11.20 WIB. Dalam perjalanannya, kereta berhenti sejenak di Stasiun Bandung pada pukul 09.15 WIB. Perjalanan tersebut tak hanya diberlakukan satu arah saja. KA Papandayan dijadwalkan berangkat dari Garut pukul 12.30 WIB dan akan tiba di Jakarta pada pukul 17.45 WIB.

Hadirnya KA Papandayan menambah pilihan kereta menuju Kabupaten Garut. Sebab sebelumnya sudah ada KA Cikuray relasi Jakarta (Pasar Senen)-Kiara Condong-Cibatu-Garut. Untuk KA Pangandaran, keberangkatan dimulai di Stasiun Gambir pukul 09.30 WIB dan akan tiba di Stasiun Banjar pukul 16.25 WIB. Sebaliknya, kereta berangkat dari Stasiun Banjar pukul 16.55 WIB dan tiba di Gambir pukul 00.49 WIB.

Adapun KA Malabar tujuan Bandung-Malang, sebelumnya hanya tersedia satu pilihan jam keberangkatan. Namun kini ada dua jam keberangkatan dari Stasiun Bandung yaitu pukul 09.50 WIB dan pukul 17.20 WIB.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement