Ahad 28 Jan 2024 10:49 WIB

Sorlip di Kota Bandung Tuntas, Surat Suara Kurang 32 Ribu

KPU Kota Bandung tengah menyiapkan pendistribusian logistik Pemilu 2024.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
Pekerja melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Gudang Logistik KPU Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (8/1/2024).
Foto: Edi Yusuf/Republika
Pekerja melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Gudang Logistik KPU Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (8/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Proses sortir dan lipat (sorlip) surat suara Pemilu 2024 di Kota Bandung, Jawa Barat, sudah tuntas. Berdasarkan hasil sorlip, dilaporkan ada ribuan surat suara yang rusak.

Ketua KPU Kota Bandung Wenti Frihadianti mengatakan, surat suara yang rusak sekitar 5.117 lembar. KPU Kota Bandung pun mengajukan penambahan ke KPU pusat. “Kita sortir, ada kekurangan surat suara, dan kita sudah melakukan pengajuan 32 ribu,” kata dia, Sabtu (27/1/2024).

Baca Juga

Menurut Wenti, kekurangan surat suara yang mencapai 32.462 lembar itu untuk kebutuhan pemilu anggota DPD, DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kota, maupun pemilu presiden-wakil presiden. Ia berharap penggantian surat suara yang rusak dan penambahan surat suara dapat dilakukan sebelum logistik pemilu disalurkan.

Wenti mengatakan, KPU Kota Bandung saat ini tengah melakukan pengesetan dan pengepakan logistik pemilu. Proses tersebut ditargetkan bisa diselesaikan sesuai target pada 28 Januari 2024. Setelah itu, logistik pemilu didistribusikan ke tingkat kecamatan.

Pendistribusian logistik pemilu tersebut dijadwalkan mulai 1 Februari 2024. Menurut Wenti, pendistribusian logistik ini akan melibatkan aparat kepolisian.

Wenti mengatakan, pendistribusian logistik akan dilakukan terlebih dahulu ke wilayah yang aksesnya terbilang sulit. Selanjutnya secara bertahap ke wilayah yang lebih mudah dijangkau.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement