Rabu 14 Feb 2024 13:29 WIB

Ridwan Kamil Respons Santai Film Dokumenter Dirty Vote: Pemilih Sudah Punya Pilihan

Ridwan Kamil menilai pemilih sudah memiliki pilihan hingga 90 persen

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Eks Gubernur Jabar sekaligus Ketua TKD Jabar Ridwan Kamil mencoblos di TPS 045 dekat kediamannya di Jalan Gunung Kencana, Kota Bandung, Rabu (14/2/2024).
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Eks Gubernur Jabar sekaligus Ketua TKD Jabar Ridwan Kamil mencoblos di TPS 045 dekat kediamannya di Jalan Gunung Kencana, Kota Bandung, Rabu (14/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG----Eks gubernur Jawa Barat (Jabar) yang juga Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jabar, Ridwan Kamil, memberikan tanggapan terkait film dokumenter Dirty Vote. Ia menilai semua informasi terkait pemilu pasti memberikan dampak atau pengaruh.

"Semua informasi terkait pemilu pasti memengaruhi, hoaks, film Dirty Vote mungkin memengaruhi, tapi kita tidak tahu jangan jangan gak juga," ujar Ridwan Kamil seusai mencoblos di TPS 045 di Jalan Gunung Kencana, Kota Bandung, Rabu (14/2/2024).

Baca Juga

Ridwan Kamil menilai pemilih sudah memiliki pilihan hingga 90 persen jelang pencoblosan dan relatif tidak akan berubah meski muncul film tersebut. Ridwan Kamil mendoakan yang terbaik untuk semua pihak.

"Jadi karena keyakinan orang di hari terakhir sudah kuat sudah 90 persen tidak berubah pikiran, pemilu selalu ada hal seperti itu kita berdoa mana yang terbaik," kata dia.

Ia sendiri mengaku belum menonton isi film dokumenter tersebut. "Belum nonton," kata dia.

Sebelumnya, Ridwan Kamil didampingi Atalia Praratya dan ibu mertuanya keluar rumah menuju TPS sekitar pukul 09.30 WIB dengan berjalan kaki. Jarak rumahnya dengan TPS hanya belasan meter.

Mereka sempat menggunakan payung karena kondisi cuaca sedang turun hujan gerimis. Tiba di TPS, mereka terlebih dahulu menyapa warga dan petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

Pria yang akrab disapa RK bersama istri dan ibu mertuanya terlebih dahulu mengisi daftar hadir dan langsung duduk di kursi tunggu. Kurang lebih sekitar 40 menit, mereka menunggu dipanggil petugas KPPS untuk mencoblos.

Setelah dipanggil petugas KPPS, mereka satu persatu langsung mengambil surat suara dan langsung menuju bilik suara untuk mencoblos. Petugas KPPS terlebih dahulu memanggil ibu mertua Ridwan Kamil lalu tidak lama berselang Atalia Praratya dan terakhir Ridwan Kamil.

RK mencoblos di bilik suara dengan nomor 02. Setelah mencoblos, mereka pun langsung keluar dari bilik suara dan memasukan surat suara yang dicoblos ke kotak suara. Usai mencoblos, ketiganya langsung mencelupkan jari kelingking ke tinta dan langsung keluar dari TPS.

Usai mencoblos, Ridwan Kamil mengaku bersyukur sudah melaksanakan kegiatan mencoblos. Ia berharap partisipasi masyarakat di TPS 045 tinggi sehingga pasangan yang terpilih nanti valid dan konstitusional dengan kehadiran pemilih yang mencoblos banyak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement