Kamis 15 Feb 2024 08:14 WIB

Puluhan Tahanan di Rutan Polresta Cirebon Ikut Nyoblos Pemilu 2024

Proses pencoblosannya tidak berlangsung di TPS khusus, tapi didatangi petugas KPPS

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Sumarni, di Mapolresta Cirebon, Senin (22/1/2024).
Foto: Dok. Humas Polresta Cirebon
Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Sumarni, di Mapolresta Cirebon, Senin (22/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Sebanyak 36 tahanan di Rutan Polresta Cirebon mencoblos pada Pemilu 2024, Rabu (14/2/2024). Para tahanan tersebut tetap difasilitasi untuk menyalurkan hak pilihnya. Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Sumarni, mengatakan, jumlah pemilih di Rutan Polresta Cirebon tersebut terdiri dari 33 laki-laki dan tiga perempuan. Mereka tetap mencoblos karena telah terdaftar dalam DPT pemilu 2024.

Namun, proses pencoblosannya tidak berlangsung di TPS khusus, melainkan melalui mekanisme didatangi oleh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dari TPS terdekat dari Mapolresta Cirebon. ‘’Para petugas KPPS dari TPS 04, TPS 19, dan TPS 20 Kelurahan Tukmudal, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, datang ke Polresta Cirebon untuk memfasilitasi para tahanan memberikan hak suaranya,’’ ujar Sumarni.

Baca Juga

Sumarni mengatakan, sejak jauh-jauh hari, jajarannya telah berkoordinasi dengan KPU. Selanjutnya, tiga TPS tersebut ditugaskan untuk memfasilitasi proses pemungutan dan perhitungan suara para tahanan di Rutan Polresta Cirebon.

Adapun teknis pencoblosannya adalah petugas KPPS didampingi saksi dan pengawas TPS mendatangi tahanan di Rutan Polresta Cirebon. Setelah itu dilaksanakan proses pemungutan suara bagi para tahanan tersebut.

 

‘’Sebelumnya, kami mensosialisasikan kepada para tahanan terkait teknis pencoblosannya. Kami juga menjamin tahanan yang berada di Rutan Polresta Cirebon bisa menggunakan hak pilihnya sesuai ketentuan,’’ tukas Sumarni. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement