Jumat 16 Feb 2024 18:07 WIB

Ridwan Kamil Dinilai Berperan Dongkrak Raihan Suara Partai Golkar di Pemilu 2024

Pengaruh signifikan Ridwan Kamil ke elektabilitas Golkar karena latar belakangnya

Eks Gubernur Jabar sekaligus Ketua TKD Jabar Ridwan Kamil mencoblos di TPS 045 dekat kediamannya di Jalan Gunung Kencana, Kota Bandung, Rabu (14/2/2024).
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Eks Gubernur Jabar sekaligus Ketua TKD Jabar Ridwan Kamil mencoblos di TPS 045 dekat kediamannya di Jalan Gunung Kencana, Kota Bandung, Rabu (14/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG ---Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dinilai menjadi salah satu variabel penting yang membuat suara Partai Golkar di Jabar melesat di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Berdasarkan hasil hitung cepat (quick count) Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 yang dirilis oleh lembaga survei Indikator Politik Indonesia dengan jumlah suara masuk 86,40 persen sejak pukul 00.30 WIB dini hari tadi, Partai Golkar menempati posisi kedua dengan raihan suara mencapai 14,75 persen.

Ridwan Kamil yang diangkat sebagai Co-Chair Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar ini dinilai menjadi salah variabel penting dalam mendongkrak raihan suara partai berlambang pohon beringin ini. Khususnya di Provinsi Jabar. 

Baca Juga

Pengamat politik dari Universitas Padjadjaran (Unpad), Firman Manan mengatakan, Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Jabar itu menjadi salah satu variabel yang berpengaruh. "Iya betul (Ridwan Kamil memberikan pengaruh signifikan)," ujar Firman Manan saat dikonfirmasi, Kamis (15/2/2024). 

Firman Manan mengakui, pengaruh signifikan Ridwan Kamil terhadap elektabilitas Partai Golkar tak lepas dari latar belakang Ridwan Kamil sendiri.

Diketahui, selain sempat memimpin Jabar selama lima tahun, Ridwan Kamil juga sangat populer di tengah masyarakat Jabar. Bahkan, Ridwan Kamil pun memiliki puluhan juta pengikut di media sosialnya hingga membuatnya menjadi media darling. "Iya betul (faktor-faktor itu yang membuat Ridwan Kamil memberikan pengaruh signifikan)," katanya. 

Namun, Firman Manan juga mengakui bahwa Ridwan Kamil bukan satu-satunya variabel yang membuat suara Partai Golkar terdongkrak di Jabar. Menurutnya, elektabilitas Partai Golkar pun dipengaruhi juga oleh banyaknya caleg-caleg populer yang memiliki basis massa di daerah pemilihan (Dapil)-nya masing-masing. 

"Tentu bukan variabel tunggal karena perlu kita lihat juga caleg-caleg yang maju di Partai Golkar itu juga banyak orang-orang populer, punya basis massa di masing-masing dapilnya, itu juga berpengaruh," paparnya. 

Selain itu, Firman menilai, Partai Golkar di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto sangat solid hingga akar rumput. Sehingga, mesin partai yang bergerak sesuai dengan target yang dicanangkan Partai Golkar.

"Saya juga lihat Golkar ini di Pilpres 2024 ini relatif solid dan biasanya Golkar itu ada konflik, kali ini solid di bawah pimpinan Airlangga Hartarto, ini juga yang membuat mesin politiknya bekerja," katanya.

Oleh karena itu, kata Firman, ada tiga variabel yang mendongkrak suara Partai Golkar di Pemilu 2024 ini, mulai dari sosok Ridwan Kamil, soliditas kader di bawa kepemimpinan Airlangga Hartarto, dan komposisi caleg-caleg populer yang ditempatkan di setiap daerah.

"Kang Emil menjadi salah satu aktor penting iya, bahwa tadi ada figur-figur caleg juga iya, bahwa kemudian mesin partai juga bergerak efektif sampai tingkat akar rumput iya," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement