Sabtu 17 Feb 2024 12:58 WIB

Disparbud Jabar Buka Kesempatan untuk Produk Lokal Mejeng di Outlet Uniqlo

Terdapat ratusan pelaku industri kreatif yang mendaftarkan diri

Produk lokal Jabar bisa mejeng di Outlet Uniqlo
Foto: Dok Republika
Produk lokal Jabar bisa mejeng di Outlet Uniqlo

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG----Program Uniqlo Neighborhood Collaboration tahun ini kembali dijalankan. Sebanyak 19 pelaku industri kreatif subsektor kriya dan fesyen, telah berhasil memajang produk-produknya di beberapa store Uniqlo Kota Bandung yaitu Uniqlo Heritage, Uniqlo TSM Bandung dan Uniqlo PVJ.

Mereka yang terpilih telah menandatangani kesepakatan kerja sama di Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Kamis 15 Februari 2024. Menurut Kepala Bidang Industri Pariwisata Disparbud Jabar Rispiaga, program ini diharapkan lahir peluang besar bagi para pelaku industri kreatif untuk memasarkan produknya secara lebih luas.

Baca Juga

“Disparbud Jabar selalu berkomitmen untuk meningkatkan dan mengembangkan kapasitas SDM pelaku ekonomi kreatif di Jawa Barat. Kami juga bersyukur, alhamdulillah Uniqlo hadir dan mau berkolaborasi. Kami harap sektor ekonomi kreatif Jabar makin maju serta makin unggul,”  ujar Rispiaga, Sabtu (16/4/2023).

Sementara menurut Substainable and Corporate PR Manager Uniqlo, Yulia Rachmawati, kegiatan ini merupakan kelanjutan program Uniqlo Neighborhood Collaboration yang dijalankan sejak 2023 lalu. Awalnya, terdapat ratusan pelaku industri kreatif yang mendaftarkan diri. Namun setelah melalui proses kurasi, hanya beberapa yang berhak memasarkan produknya di Uniqlo secara bergiliran hingga tahun 2025.

“Kami mengapresiasi dan mendukung penuh komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Barat membantu memajukan UMKM. Kolaborasi ini dilakukan karena tidak bisa sendiri-sendiri untuk memajukan industri UMKM atau produk ekonomi kreatif kita,” kata Yulia.

Semangat pihaknya, kata dia, adalah menghadirkan pojok UMKM atau Uniqlo Neighborhood Colaboration di semua toko Uniqlo. "Sejauh ini teman-teman yang sudah bergabung merasa lebih dikenal produknya sehingga meningkatkan penjualan,” katanya.

Berikut daftar 19 brand yang hadir di Instalasi Uniqlo Neighborhood Collaboration Showcase selama 2024:

1. Sun n Thumb

2. Amoe Craft

3. Inchi Living

4. Kaina Handmade

5. Lily Things

6. Stun.Inc

7. RP Fashion Batik Tenun

8. UBAD

9. Itsmefayz Handmade

10. Botanina

11. Batik Santoso

12. Tusk

13. Batik Acuksae

14. Soiea Aromatic

15. Fromkoy

16. Ferma Leather

17. Cymkstudio

18. Kampung Cengkeh Ecoprint

19. Woodo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement