Rabu 21 Feb 2024 18:46 WIB

Pj Gubernur Jabar Cek Lokasi Bencana Puting Beliung di Rancaekek dengan Mengendarai Motor

Bey mengendarai motor karena Jalan Raya Rancaekek-Bandung mengalami kemacetan padat

 Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menjadi pembina Apel Kesiapsiagaan
Foto: Dok Humas Pemprov Jabar
Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menjadi pembina Apel Kesiapsiagaan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin langsung menuju lokasi bencana angin puting beliung disertai hujan deras yang menerjang Kawasan Rancaekek-Jatinangor, Rabu (21/2/2024). Agar bisa lebih cepat sampai di lokasi, Bey bahkan menggunakan motor bukan mobil dinasnya.

Bey yang sedang dalam perjalanan pulang dari Kota Banjar, langsung mengecek lokasi terparah bencana tersebut. "Saya ke lokasi ini," ujar Bey kepada wartawan saat dihubungi.

Baca Juga

Upaya Bey menuju lokasi bencana sendiri mengalami kendala karena Jalan Raya Rancaekek-Bandung mengalami kemacetan padat akibat kawasan tersebut disapu puting beliung. "Saya naik motor," katanya. 

Dengan kecepatan tinggi, angin puting beliung membawa material mudah terbang setinggi puluhan meter. Dalam video yang beredar, Rabu (21/2/2024), angin puting beliung terlihat membawa material dari rumah-rumah yang dilewatinya. Bahkan, dalam video lain, diperlihatkan truk-truk terguling karena saking kencangnya skala puting beliung tersebut. 

Dikabarkan sejumlah rumah dan ruko minimarket alami kerusakan. Angin puting beliung bergerak di sepanjang jalan Raya Nasional Bandung-Garut yang dari Barat ke Timur. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat mengaku sedang mengecek dampak dari kerusakan angin puting beliung tersebut.

Berdasarkan data sementara, Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Bandung, Teguh Rahayu mengatakan, angin puting beliung yang terjadi di wilayah Jatinangor turut berdampak ke pemukiman warga dan salah satu pabrik tekstil. 

"Angin puting beliung mengakibatkan atap rumah warga di Kec Jatinangor berterbangan. Angin puting beliung merobohkan pagar PT Kahatex, ini berdasarkan beberapa informasi yang masuk," ujar Rahayu, Rabu (21/2/2024). 

Dari hasil analisis cuaca sementara, Rahayu memastikan, suhu muka laut di sekitar wilayah Indonesia relatif hangat. Hal itu mendukung penambahan suplai uap air ke wilayah Indonesia termasuk wilayah Jawa Barat dan sekitarnya. "Itu juga selaras dengan kelembapan udara di lapisan 850-500 mb yang relatif basah yakni antara 45-95 persen," katanya. 

Selain itu, kata Rahayu, terpantau juga adanya sirkulasi siklonik di Samudera Hindia barat Pulau Sumatera yang mengakibatkan terbentuknya area netral poin dengan area pertemuan dan perlambatan angin (konvergensi) serta belokan angin (shearline) berada di sekitar wilayah Jawa Barat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement