Jumat 08 Mar 2024 12:49 WIB

Siapkan Civitas Akademika Jadi Umat Bertaqwa, Unisba Gelar Tarhib Ramadhan

Tahrib Ramadhan ini untuk memberikan bekal civitas dan warga sekitar saat ramadhan

Wakil Rektor 3 Unisba Amrullah Hayatudin saat membuka acara Tarhib Ramadhan
Foto: Dok Humas Unisba
Wakil Rektor 3 Unisba Amrullah Hayatudin saat membuka acara Tarhib Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Bulan suci Ramadhan 1445 H hanya tinggal beberapa hari lagi. Umat muslim, saat ini mulai melakukan berbagai persiapan. Menurut Wakil Rektor 3 Unisba Amrullah Hayatudin, agar bulan suci dapat dilaksanakan dengan penuh khidmat menjadi umat yang bertaqwa, Universitas Islam Bandung (Unisba) menggelar Tahrib Ramadhan 1445 H bertajuk ‘Keluarga Kuat Ramadhan Hebat’ di Aula Unisba, Kamis (7/3/2024).

Amrullah menjelaskan, tujuan Tahrib Ramadhan ini untuk memberikan bekal bagi civitas dan warga sekitar dalam menghadapi dan mengisi momen bulan puasa supaya lebih baik. "Karena, sebenarnya Ramadhan itu templet, tapi kita tidak ingin puasa itu gitu-gitu aja. Jadi kami membuat momentum ini untuk memberikan bekal kepada civitas akademika bagaimana menghadapi mengisi momentum-momentum ramadhan,” ujar Amrullah kepada wartawan di sela-sela kegiatan Tahrib Ramadhan.

Baca Juga

Menurut Amrullah, kegiatan Tahrib Ramadhan ini berlangsung selama satu hari dengan diisi tiga materi. Yaitu keluarga muslim cerdas finansial, kolaborasi orang tua kunci sukses pola asuh anak, dan tausyiah menyambut bulan ramadhan.

“Tahun sebelumnya selalu 2 hari, sekarang kita buat satu hari. Jadi ada tiga materi terkait dengan keuangan, pendidikan anak dalam menghadapi ramadhan dan momen tausyiahnya hakekat menurut Islam puasa yang baik itu seperti apa,” katanya.

Amrullah berharap dengan kegiatan ini seluruh civitas dan warga sekitar bisa mengisi momen Ramadhan dengan baik dan sesuai dengan sunnah. "Semua harus siap menghadapi ramadhan dengan ilmu, jangan sampai puasa itu tanpa ilmu,” katanya.

Tak hanya itu, kata dia, Unisba pun menggelar rangkaian kegiatan selama bulan  ramadhan. Yakni, Ramadhan di Kampus (Radius) yang dimulai dengan Tahrib Ramadhan, kemudian rukyatul hilal yang akan dilakukan pada 10 Maret 2023, setelah memasuki bulan puasa. Serta, akan ada kajian-kajian dan itikaf.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement