Ahad 10 Mar 2024 22:36 WIB

Besok Mulai Puasa, Masjid Mujahidin Bandung Gelar Sholat Tarawih Perdana

Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijriah jatuh tanggal 11 Maret 2024

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Umat muslim melaksanakan ibadah Shalat Tarawih pertama di Masjid Raya Mujahidin, Jalan Sancang, Lengkong, Kota Bandung,
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Umat muslim melaksanakan ibadah Shalat Tarawih pertama di Masjid Raya Mujahidin, Jalan Sancang, Lengkong, Kota Bandung,

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG----Besok akan mulai menjalankan ibadah puasa, Masjid Mujahidin di Jalan Sancang, Kota Bandung menggelar sholat tarawih perdana, Ahad (10/3/2/2024) malam. Mereka mengikuti keputusan resmi Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah yang menetapkan awal 1 Ramadhan 1445 Hijriah jatuh pada tanggal 11 Februari tahun 2024.

Ketua Badan Takmir Masjid Raya Mujahidin Ustaz Didik Dahlan mengatakan Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijriah jatuh pada tanggal 11 Maret 2024. Oleh karena itu, pada Ahad (10/3/2024) malam ini menyelenggarakan sholat tarawih.

Baca Juga

"Muhammadiyah berpedoman kepada hisab hakiki dan berkeyakinan bahwa besok tanggal 11 Maret masuk 1 Ramadhan, malam hari ini menyelenggarakan tarawih," ujar Didik, Ahad (10/3/2024).

Didik mengatakan, keputusan tersebut sudah diputuskan Muhammadiyah jauh hari sebelumnya. Meskipun, pemerintah dan organisasi kemasyarakatan lainnya masih melaksanakan sidang isbat.

Perbedaan tersebut, kata dia, karena terdapat perbedaan metode yang digunakan melihat hilal. "Ya saya kira perbedaan ini tidak perlu dipersoalkan lagi karena sudah mafhum kita punya metode dan lain punya metode," katanya.

Oleh karena itu, ia mengatakan masing-masing pihak meyakini dan melaksanakannya dengan sepenuh hati. Ustaz Didik mengimbau agar semua menghormati keputusan dan keyakinan tersebut. Ia menyebut seluruh Masjid Muhammadiyah di Kota Bandung dipastikan menyelenggarakan sholat tarawih malam ini. Dengan pelaksanaan shalat dan bulan Ramadhan, ia berharap umat muslim menyelenggarakan dengan khusu.

"Harapan umat islam menyelenggarakan ibadah dengan khusyu," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement