Senin 11 Mar 2024 18:27 WIB

Tarawih Super Kilat Hanya 6 Menit Kembali Digelar di Ponpes Alquraniyah Indramayu

Pelaksanaan shalat tarawih kilat merupakan tradisi setiap Ramadhan di Ponpes0

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Ilustrasi shalat
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi shalat

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU--- Tarawih super kilat bakal kembali digelar di Pondok Pesantren Alquraniyah, Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu. Dengan jumlah 23 rakaat, pelaksanaan shalat tarawih di Pondok Pesantren Alquraniyah akan berlangsung selama enam sampai tujuh menit.

Pengurus Pondok Pesantren Alquraniyah, KH Azun Mauzun, mengatakan, pelaksanaan shalat tarawih kilat itu merupakan tradisi setiap Ramadhan di ponpes yang dipimpinnya tersebut. ‘’Insya Allah akan kembali digelar,’’ ujar Azun.

Baca Juga

Tarawih super kilat itu sebelumnya sempat ditiadakan pada Ramadhan 2022 lalu. Saat itu, pihak pondok pesantren menindaklanjuti imbauan dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Indramayu untuk meniadakan tarawih kilat.

Namun, saat shalat tarawih kilat ditiadakan, jumlah jamaah yang datang ke masjid untuk melaksanakan shalat tarawih jadi berkurang dari biasanya. Diperkirakan, jumlah jamaah berkurang sekitar 25-30 persen. ‘’Kita sempat istirahat satu tahun. Ternyata banyak masyarakat yang minta agar kembali diadakan,’’ kata Azun.

Pelaksanaan sholat tarawih kilat itu rutin digelar oleh Pondok Pesantren Alquraniyah sejak 2006. Tujuannya agar para pemuda mau menunaikan solat sunah tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement