Selasa 12 Mar 2024 10:00 WIB

Mudik Gratis, Pemkot Bandung Siapkan Kuota 234 Kursi untuk ke 4 Daerah

Pendaftaran akan dilakukan secara offline atau langsung di Terminal Cicaheum

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Warga mengantre untuk mendaftar dan validasi mudik gratis Idul Fitri 1445 H (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Warga mengantre untuk mendaftar dan validasi mudik gratis Idul Fitri 1445 H (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung menggelar mudik gratis Lebaran 1445 Hijriyah. Mereka menyiapkan kuota 234 kursi bagi pemudik yang hendak pulang ke kampung halaman.

Plt Kepala Dishub Kota Bandung Asep Kuswara mengatakan pelaksanaan mudik gratis sudah terjadwal untuk dilaksanakan dengan beberapa rute mudik. Total kuota yang disiapkan mencapai 234 kursi untuk para pemudik. "Total penumpang 234 orang," ujar Asep, Selasa (12/3/2024).

Baca Juga

Asep mengatakan, mudik gratis yang digelar Pemkot Bandung memiliki beberapa rute tujuan yaitu Bandung tujuan Surabaya melalui jalur utara dan selatan. Total bus yang disiapkan sebanyak dua unit dengan masing-masing mencapai 40 kursi (seat).

Selanjutnya Bandung tujuan Yogyakarta satu unit bus yang disiapkan dengan total kursi mencapai 44 seat. Bandung tujuan Kuningan sebanyak satu unit bus dengan jumlah kursi 50 seat. Ada juga, Bandung tujuan Tasikmalaya dua unit bus yang disiapkan masing-masing berisi 60 seat kursi. Asep mengatakan rencana pendaftaran mudik gratis akan dibuka mulai pada tanggal 15 Maret hingga 31 Maret.

Ia mengatakan pendaftaran akan dilakukan secara offline atau langsung di Terminal Cicaheum. Pada tanggal 2 sampai 3 April akan dilakukan sosialisasi teknis keberangkatan kepada para pemudik gratis.

Ia menuturkan, pada tanggal 6 April akan dilakukan ramp check armada, medical check up para pengemudi. Selanjutnya dilakukan pelepasan keberangkatan pemudik ke masing-masing tempat tujuan mudik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement