Rabu 13 Mar 2024 15:20 WIB

Masjid Raya Al Jabbar Gelar Berbagai Kegiatan Ramadhan, Dari Baca Quran Hingga Marawis

Kegiatan Ramadhan di Masjid Al Jabbar ini diharapkan bisa meningkatkan silaturahmi

Masyarakat mengikuti shalat tarawih pertama Ramadhan 1445 H di Masjid Raya Jawa Barat Al Jabbar, Kota Bandung
Foto: Edi Yusuf/Republika
Masyarakat mengikuti shalat tarawih pertama Ramadhan 1445 H di Masjid Raya Jawa Barat Al Jabbar, Kota Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---- Menyambut bulan suci Ramadhan 1445 H/2024, semua masjid di Bandung menggelar berbagai aktivitas. Termasuk, Masjid Raya Al Jabbar menghadirkan beragam kegiatan menarik dalam program Amaliah Ramadhan yang terbagi menjadi tiga kategori. Yaitu kegiatan reguler, fasilitasi, dan kolaborasi. 

Menurut Plh Sekretaris DKM Masjid Al Jabbar Dodo Suhendar, kegiatan reguler diadakan setiap hari selama bulan Ramadhan. Masyarakat pun, dapat menikmati takjil buka puasa bersama dan menunaikan shalat Tarawih berjamaah dengan tausiah inspiratif. 

Baca Juga

Selain itu, masyarakat juga dapat mengikuti kultum singkat setelah shalat subuh dan dzuhur untuk menambah wawasan keislaman. 

"Kegiatan Ramadhan di Masjid Al Jabbar ini diharapkan mampu meningkatkan silaturahmi dan ukhuwah umat Islam, meningkatnya syiar Islam, dan berkembangnya potensi ekonomi umat Islam di Jawa Barat. Mohon doanya," ujar Dodo Suhendar di Kota Bandung, Rabu (13/3/2024). 

Dodo mengatakan, kegiatan fasilitasi memberikan ruang bagi pihak eksternal untuk menyelenggarakan pengajian dan kajian di Masjid Raya Al Jabbar. Sedangkan kegiatan kolaborasi, menghadirkan dua program istimewa, yaitu Spiritual & Education Camp dan RAMFEST (Ramadhan Festival). 

Menurut Dodo, Spiritual dan Education Camp dirancang untuk memberikan edukasi dan pembinaan mental spiritual bagi anak-anak dan remaja. Sedangkan RAMFEST merupakan Festival Ramadhan yang dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, di antaranya bazar Ramadan untuk memberdayakan UMKM lokal, perlombaan hadro, dai cilik, dan tilawah Quran. 

Festival ini juga akan menorehkan rekor MURI melalui Pembacaan Al Quran Terbanyak, menghadirkan keceriaan dalam Ramadhan bersama anak yatim, dan dimeriahkan oleh guest star, marawis, dan nasyid. RAMFEST berlangsung dari 25 Maret - 14 April 2024, dengan berbagai acara menarik setiap minggunya. Pengelola Masjid Raya Al Jabbar mengundang masyarakat untuk berpartisipasi dalam Amaliah Ramadhan 1445 H/2024 ini. 

"Mari kita bersama-sama memakmurkan masjid dan meraih keberkahan di bulan suci Ramadhan," kata Dodo. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement