Rabu 13 Mar 2024 17:09 WIB

Angin Kencang Sebabkan Pohon Tumbang di Kuningan dan Majalengka

Pohon tumbang menimpa rumah warga di Kabupaten Kuningan dan Majalengka

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Sejumlah pohon tumbang akibat angin (ilustrasi)
Foto: Edi Yusuf/Republika
Sejumlah pohon tumbang akibat angin (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN---Angin kencang menyebabkan pohon tumbang di Dusun Kliwon, Desa Japara, Kecamatan Japara, Selasa (12/3/2024). Pohon tersebut, menimpa rumah warga di Kabupaten Kuningan dan Majalengka. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Berdasarkan informasi dari Pusdalops BPBD Kabupaten Kuningan, Rabu (13/3/2024), pohon itu tumbang menimpa rumah milik Nuryadi (53). ‘’Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu,’’ ujar Kalak BPBD Kabupaten Kuningan, Indra Bayu Permana.

Baca Juga

Indra menjelaskan, peristiwa itu diawali hujan intensitas ringan yang disertai angin kencang pada Selasa (12/3/2024) dari pukul 10.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB. Kondisi itu mengakibatkan atap rumah milik Nuryadi yang terbuat dari baja ringan rusak terbawa angin. Selain itu, dinding tembok rumah juga jebol akibat tertarik atap yang terbawa angin.

Sementara itu di Kabupaten Majalengka, sebuah pohon dilaporkan tumbang menimpa rumah warga di Desa Kareo, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka, pada Selasa (12/3/2024) malam.

Peristiwa tersebut terjadi setelah wilayah setempat diguyur hujan deras dan disertai angin kencang. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun, rumah yang tertimpa pohon tumbang itu mengalami kerusakan.

Petugas gabungan TNI Polri bersama warga setempat pun bergotong-royong membersihkan batang pohon yang tumbang itu, Rabu (13/3/2024). Danramil 1704/Talaga, Kapten Inf Subagyo, mengatakan, pohon itu diduga tidak kuat diterpa hujan deras yang disertai angin kencang.

‘’Akibatnya, pohon tumbang dan menimpa rumah warga atas nama Otong Saripudin,’’ ujar Subagyo, saat ditemui usai evakuasi pohon tumbang di Desa Kareo, Rabu (13/3/2024).

Rumah yang tertimpa pohon itu mengalami kerusakan pada bagian atapnya. Pemilik rumah diperkirakan mengalami kerugian sekitar Rp 5 juta.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement