Jumat 15 Mar 2024 11:29 WIB

Gelar Cycling de Jabar, Tahun Ini Pemprov Jabar Eksplorasi Pariwisata Ciayumajakuning

Jabar punya wilayah luas dan banyak potensi pariwisata yang relatif belum dieksplor

Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Machmudin
Foto: Dok Humas Pemprov Jabar
Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Machmudin

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--- Untuk  untuk ketiga kalinya Pemprov Jabar akan menggelar event tahunan balap sepeda Cycling de Jabar. Event Cycling de Jabar 2024 ini, akan digelar 25 Mei mendatang. Namun, penyelenggaraan tahun ini ada yang berbeda. 

Karena, biasanya Cycling de Jabar sebelumnya selalu mengeksplorasi rute Jabar selatan dengan start di Ciletuh, Kabupaten Sukabumi dan finis di Pantai Pangandaran. Namun, tahun ini akan mengambil start dari Cirebon - Majalengka - Kuningan - Ciamis - Banjar dan kembali finis di Pantai Pangandaran. 

Baca Juga

Rute baru ini memilki jarak 213 kilometer dengan medan dan iklim yang tak kalah menantang, dan tetap menyajikan bentang alam yang tak kalah indah. Pemprov Jabar sendiri, akan mengoptimalkan Cycling de Jabar 2024 sebagai ajang promosi pariwisata Jabar pada bagian yang lain. 

Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin mengapresiasi rute baru ini. Menurutnya, waktu awal perencanaan Pemprov meminta kepada mitra penyelenggara rute baru. Karena, Jabar punya wilayah luas dan banyak potensi pariwisata yang relatif belum dieksplorasi. 

"Ini sesuai keinginan kami  mengembangkan wisata di Ciayumajakuning," ujar Bey Machmudin dalam konferensi pers Cycling de Jabar di Gedung Sate Bandung, Kamis petang (14/3/2024).  

Bey menilai, Cirebon punya peran sentral bagi Jabar yakni menyangga  Bandara Internasional Jawa Barat (Kertajati) di Kabupaten Majalengka. "Cirebon menjadi penyangga BIJB Kertajati, kami ingin ada ekspose.  Walaupun tidak terlewati pebalap Cycling de Jabar, tapi nanti akan menjadi salah satu yang disebut dalam acara Cycling de Jabar ini," katanya. 

Menurut Bey, dengan jarak 213 kilometer, panitia telah menyediakan tempat peristirahatan khusus bagi pebalap amatir atau pehobi sepeda. Tempat istirahatnya istimewa karena itu adalah rumah dinas Bupati Ciamis. 

"Untuk yang hobi (pesepeda fun) ada berhenti di rumah Bupati Ciamis untuk beristirahat, makan dan lanjut lagi ke Ciamis - Banjar - Pangandaran. Tapi untuk yang profesional lanjut gak ada berhenti-berhentinya," kata Bey. 

Bey mengatakan, infrastruktur jalan sepanjang Cirebon - Pangandaran sudah 90 persen mulus sehingga akan membuat para pebalap nyaman menggowes pedalnya. "Jalan sudah 90 persen, sudah siap. Nanti 10 persen lagi kami akan perbaiki nanti," kata Bey. 

Bey pun, mengingatkan panitia agar memperhatikan keselamatan para peserta, termasuk akomodasi peserta agar tidak terlalu lelah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement