Jumat 29 Mar 2024 12:43 WIB

Daop 2 Bandung Ungkap Sebagian Pemudik Memilih Lebih Awal Mudik di Libur Panjang

Mayoritas penumpang kereta api yang berangkat mudik hari ini tujuan Solo, Malang

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Sejumlah penumpang mudik menggunakan KA (Ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Reno Esnir
Sejumlah penumpang mudik menggunakan KA (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG----PT Kereta Api Indonesia (KAI) daerah operasi (daop) 2 Bandung mengungkapkan sebagian pemudik memilih lebih awal mudik pada libur panjang pekan ini di Stasiun Bandung. Tercatat kurang lebih 9.000 orang berangkat mudik hari ini, Jumat (29/3/2024).

"Kemungkinan (di) Bandung sudah ada penumpang yang mudik duluan, di hari libur nasional juga banyak. Total sekitar 9 ribu hari ini,” ujar Manager Humas Daop 2 Ayep Hanapi, Jumat (29/3/2024).

Baca Juga

Ayep mengatakan, mayoritas penumpang kereta api yang berangkat mudik hari ini tujuan Solo, Malang dan Surabaya. Pihaknya memperkirakan terjadi lonjakan penumpang selama mudik Lebaran 1445 Hijriah. “Untuk peningkatan hari biasa kita bisa 8 ribu. Di angkutan lebaran bisa 11 ribu sampai 12 ribu,” katanya.

Seperti diketahui, Jumat (29/3/2024) kali ini libur memperingati Jumat Agung dilanjutkan libur akhir pekan. Sedangkan cuti bersama lebaran dimulai sejak tanggal 8 April.

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Barat mengungkapkan puncak arus mudik kendaraan yang melintas di Jawa Barat bakal berlangsung sejak H-4, H-3 dan H-2 Lebaran 1445 Hijriah. Tanggal tersebut mengacu kepada prediksi libur Lebaran 1445 Hijriah yang mulai sejak tanggal 8 April.

"Puncak mudik ini terjadi mulai H-4, H-3 dan H-2, kalau dihitung H-4 jatuh di hari Sabtu. Puncak mudik terjadi tanggal 6 Sabtu, tanggal 7 Ahad dan tanggal 8 Senin," ucap Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat Kombes Pol Wibowo, Rabu (27/3/2024).

Namun begitu, ia mengatakan diperkirakan sejak Jumat tanggal 5 April sebagian pemudik sudah berangkat menuju kampung halaman. Sedangkan arus baik diprediksi terjadi Sabtu tanggal 13 April, Ahad tanggal 14 April dan Senin tanggal 15 April.

Wibowo melanjutkan arus balik kedua diperkirakan bakal berlangsung kembali pada tanggal 20 sampai 21 April. Arus balik kedua dapat terjadi disebabkan jadwal masuk sekolah yang diperkirakan berbeda-beda.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement