Sabtu 06 Apr 2024 22:07 WIB

Kesal Ditegur Karena Merokok, Remaja di Sumedang Bakar Pesantren Lalu Melarikan Diri

Saat ini, pelaku ditangani oleh unit PPA Satreskrim Polres Sumedang

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Kebakaran (Ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Ampelsa
Kebakaran (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG----Seorang remaja berinisial LA (16 tahun) nekat membakar pondok pesantren Awaliyatul Huda di Dusun Citali, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jumat (5/4/2024). Pelaku membakar pondok pesantren menggunakan bensin yang telah disiapkan.

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Jules Abraham membenarkan peristiwa tersebut yaitu pelaku membakar pondok pesantren karena kesal ditegur saat merokok. Setelah itu, ia mengatakan pelaku melarikan diri.

Baca Juga

"Pelaku sakit hati ditegur oleh pihak pesantren seperti merokok di bulan puasa, parkir motor sembarangan, dan kenakalan lainnya," ujar Jules Abraham, Sabtu (6/4/2024).

Usai membakar pesantren, kata Jules, pelaku melarikan diri. Namun, tidak lama berselang pelaku diamankan ke Polsek Pamulihan untuk dimintai keterangan. Saat ini, pelaku ditangani oleh unit PPA Satreskrim Polres Sumedang karena masih di bawah umur. Dalam peristiwa tersebut, Jules mengatakan tidak terdapat korban jiwa. "Pelaku ditangkap tidak lama berselang setelah melarikan diri," katanya.

Namun, kerugian akibat pembakaran pondok pesantren mencapai Rp 250 juta. Pelaku dijerat pasal 187 KUHPidana terkait tindak pidana kejahatan yang mendatangkan bahaya bagi keamanan umum manusia atau barang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement