Selasa 09 Apr 2024 06:46 WIB

Pemudik Sepeda Motor Meningkat Lintasi Jalur Arteri di Kota Bandung pada Malam H-2 Lebaran

Mayoritas pemudik sepeda motor hendak mudik ke Tasikmalaya, Garut dan Cirebon

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Para pemudik yang menggunakan sepeda motor mulai memadati jalan arteri di Kota Bandung
Foto: Dok Republika
Para pemudik yang menggunakan sepeda motor mulai memadati jalan arteri di Kota Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Pemudik sepeda motor semakin meningkat melintasi jalur arteri di Kota Bandung, seperti Jalan Soekarno Hatta hingga ke Bundaran Cibiru pada H-2 Lebaran 1445 Hijriah atau Senin (8/4/2024) malam. Kepadatan kendaraan terjadi hingga ke jalur Cileunyi Kabupaten Bandung.

Panitlantas Polsek Panyileukan Iptu Mustari mengatakan arus mudik pada H-2 Lebaran 1445 Hijriah di jalur arteri Kota Bandung meningkat oleh sepeda motor. Kepadatan kendaraan terjadi hingga ke Jalan Cileunyi. "Situasi arus mudik dari barat ke timur dari pukul 18.30 WIB ada peningkatan didominasi sepeda motor sampai Cileunyi kepadatannya," ujar Mustari, Senin (8/4/2024) malam.

Baca Juga

Ia mengungkapkan mayoritas pemudik sepeda motor hendak mudik ke Tasikmalaya, Garut dan Cirebon. Selain itu terdapat pemudik yang mudik juga ke Jawa Tengah.

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Barat mengungkapkan puncak arus mudik kendaraan yang melintas di Jawa Barat bakal berlangsung sejak h-4, h-3 dan h-2 Lebaran 1445 Hijriah. Tanggal tersebut mengacu kepada prediksi libur Lebaran 1445 Hijriah yang mulai sejak tanggal 8 April.

"Puncak mudik ini terjadi mulai h-4, h-3 dan h-2, kalau dihitung h-4 jatuh di hari Sabtu. Puncak mudik terjadi tanggal 6 Sabtu, tanggal 7 Ahad dan tanggal 8 Senin," ucap Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat Kombes Pol Wibowo, Rabu (27/3/2024).

Namun, kata dia, diperkirakan sejak Jumat tanggal 5 April sebagian pemudik sudah berangkat menuju kampung halaman. Sedangkan arus baik diprediksi terjadi Sabtu tanggal 13 April, Ahad tanggal 14 April dan Senin tanggal 15 April.

Wibowo melanjutkan arus balik kedua diperkirakan bakal berlangsung kembali pada tanggal 20 sampai 21 April. Arus balik kedua dapat terjadi disebabkan jadwal masuk sekolah yang diperkirakan berbeda-beda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement