Jumat 19 Apr 2024 16:20 WIB

Cuaca Kota Bandung Panas, BMKG Ungkap Mulai Masuki Musim Peralihan ke Kemarau

Suhu di siang hari panas dan angin bertiup cukup kencang.

Rep: Fauzi Ridwan/ Red: Muhammad Hafil
Cuaca panas (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Cuaca panas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung mengungkapkan wilayah Jawa Barat saat ini tengah memasuki peralihan musim atau pancaroba menuju musim kemarau. Awal musim kemarau diprediksi terjadi bulan April atau Mei.

"Saat ini sebagian wilayah Jawa Barat memasuki masa peralihan atau pancaroba dari musim hujan ke musim kemarau," ucap Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu, Kamis (18/4/2024).

Baca Juga

Ia mengatakan awal musim kemarau di wilayah Jawa Barat diprediksi terjadi pada bulan April dan Mei. Musim kemarau dimulai dari Jawa Barat bagian utara seperti di Bekasi, Karawang, Subang, Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan. Sedangkan hingga bulan Juni di sebagian besar wilayah Jawa Barat.

"Awal musim kemarau di wilayah Bandung Raya diprediksi terjadi pada awal Juni 2024," kata dia.

Teguh mengatakan pada bulan Maret 2024 sejumlah 10 persen wilayah Jawa Barat mengalami curah hujan kategori rendah. Sedangkan 70 persen mengalami curah hujan kategori menengah dan 20 persen mengalami curah hujan kategori tinggi hingga sangat tinggi.

"Saat ini pekan kedua April 2024 seluruh Wilayah Bandung Raya memasuki masa peralihan atau pancaroba dari musim hujan ke musim kemarau," kata dia.

Teguh mengatakan masa peralihan dengan mulai masuknya angin timuran atau Monsun Australia dan mulai berkurangnya pertumbuhan awan-awan hujan. Sehingga suhu di siang hari panas dan angin bertiup cukup kencang.

Ia menambahkan curah hujan bulan April 2024 diperkirakan pada umumnya berada pada kategori rendah di bawah 100 mm, menengah 100-300 mm hingga tinggi 300-500 mm. Dengan sifat hujan dalam kategori normal.

Ia mengimbau masyarakat waspada terhadap cuaca ekstrem dan potensi bencana yang dapat terjadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement